Berat Badan Gampang Naik Memasuki Usia 40an, Ini 5 Penyebabnya!

Minggu, 15 Agustus 2021 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Sementara para pria mengalami penurunan testosteron yang signifikan seiring bertambahnya usia, yang mulai menurun secara bertahap sekitar usia 40 tahun dengan laju sekitar 1 hingga 2 persen per tahun, catat Harvard Health. Testosteron bertanggung jawab untuk, antara lain, mengatur distribusi lemak dan kekuatan dan massa otot. Dengan kata lain, penurunan di dalamnya bisa membuat tubuh kurang efektif dalam membakar kalori.

3. Metabolisme Lebih Lambat

Penurunan massa otot itu kemungkinan akan memperlambat metabolisme Anda, sebuah proses kompleks yang mengubah kalori menjadi energi. Memiliki lebih banyak lemak dan lebih sedikit otot mengurangi pembakaran kalori. Terlebih lagi, banyak orang menjadi kurang aktif seiring bertambahnya usia, yang juga memperlambat metabolisme Anda. Usia bukanlah satu-satunya hal yang menentukan tingkat metabolisme Anda, namun ukuran tubuh dan jenis kelamin Anda juga berperan. Begitu juga kondisi kesehatan tertentu, seperti hipotiroidisme.

Baca Juga : Ini Beberapa Dampak Buruk Kurang Tidur dan Cara Mengatasinya

4. Makin Kurang Aktif dan Lebih Stres

Pada saat Anda mencapai usia empat puluhan dan lima puluhan, Anda cenderung bergerak lebih sedikit. Anda dapat bepergian satu jam atau lebih ke dan dari tempat kerja, duduk di meja selama delapan jam atau lebih sehari, sehingga tidak ada waktu untuk berjalan-jalan atau berolahraga selama hari kerja.

5. Adanya Perubahan Gaya Hidup yang Besar

Beberapa alasan kenaikan berat badan di usia paruh baya tidak ada hubungannya dengan apa yang terjadi di dalam tubuh Anda dan semuanya berkaitan dengan cara hidup berubah saat orang memasuki usia tiga puluhan. Salah satu perubahan terbesar terjadi ketika Anda menikah dan memiliki anak. Waktu yang harusnya Anda habiskan di gym setelah bekerja dihabiskan bersama anak Anda di rumah. “Sepertinya Anda tidak punya waktu lagi untuk diri sendiri,” kata Primack. Akibatnya, niat diet dan olahraga Anda tersingkirkan, menyebabkan berat badan terus merayap naik.
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)