Stres Sebabkan 9 Masalah Kesehatan, Insomnia hingga Libido Rendah

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 12:20 WIB
loading...
A A A
6. Insomnia

Meskipun sering merasa lelah sepanjang hari, banyak orang yang sangat stres mengalami kesulitan untuk bangun atau tetap tertidur sepanjang malam.

“Mendapatkan angin energi kedua saat Anda seharusnya pergi tidur adalah tanda klasik bahwa kelenjar adrenal kita (yang mengendalikan respons stres kita) sedang berjuang," ucap Hannah.

Hormon stres dapat menyebabkan hyperarousal, mengganggu keseimbangan antara tidur dan terjaga. Ini menciptakan lingkaran setan, karena situasi stres jauh lebih sulit untuk diatasi ketika Anda lelah sehingga mengarah ke stres lebih lanjut.


7. Kecemasan atau depresi

Kecemasan dan depresi berkorelasi positif dengan tingkat stres tinggi dan terutama periode stres sering memicu serangan panik dan suasana hati yang rendah.

“Oleh karena itu, pengurangan stres dan bersikap lembut pada diri sendiri memainkan peran penting dalam mengelola gangguan mood," imbuh Hannah.

Stres kronis juga dapat mempengaruhi memori dan konsentrasi karena kortisol mengurangi aktivitas di bagian hipokampus otak yang bertanggung jawab atas memori dan meningkatkan aktivitas di amigdala, membuat merasa lebih panik.

8. Libido rendah

Stres bisa menjadi pembunuh gairah nyata karena sejumlah alasan, tetapi paling tidak karena dapat mengganggu hormon seks . Hormon stres kortisol, dibuat dari blok bangunan yang sama seperti estrogen, progesteron, dan testosteron.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3013 seconds (0.1#10.140)