Ini 13 Efek Samping Cuci Darah

Kamis, 26 Agustus 2021 - 06:35 WIB
loading...
A A A
Karena cairan dikeluarkan dari tubuh selama proses cuci darah, mengonsumsi lebih banyak cairan dari yang direkomendasikan selama perawatan cuci darah dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa, seperti gagal jantung atau akumulasi cairan di paru-paru (edema paru).

9. Peradangan pada Selaput yang Mengelilingi Jantung (Perikarditis)

Cuci darah yang tidak mencukupi dapat menyebabkan peradangan pada membran yang mengelilingi jantung. Kondisi ini bisa mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

10. Kadar Kalium Tinggi (Hiperkalemia) atau Kadar Kalium Rendah (Hipokalemia)

Cuci darah menghilangkan kelebihan kalium yang merupakan mineral dari tubuh. Jika terlalu banyak atau terlalu sedikit kalium dikeluarkan selama cuci darah, jantung mungkin berdetak tidak teratur atau berhenti.

11. Komplikasi

Komplikasi yang berbahaya seperti infeksi, penyempitan atau penggelembungan dinding pembuluh darah (aneurisma), atau penyumbatan dapat memengaruhi kualitas cuci darah. Ikuti instruksi tim hemodialisa tentang cara memeriksa perubahan yang terjadi dalam tubuh dan mungkin menunjukkan masalah.



12. Amiloidosis

Amiloidosis terkait cuci darah, dapat terjadi ketika protein dalam darah disimpan pada persendian dan tendon. Kondisi ini menyebabkan nyeri, kekakuan, dan cairan pada persendian. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang yang telah menjalani cuci darah selama beberapa tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2685 seconds (0.1#10.140)