Sebanyak 15 Tim Maju ke Tahap Akhir YSE Global Ke-12

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 04:46 WIB
loading...
Sebanyak 15 Tim Maju ke Tahap Akhir YSE Global Ke-12
Tim yang maju ke tahap selanjutnya dipilih dari 41 tim, terdiri dari 92 peserta dari 16 negara yang mengikuti YSE Global 2021 – Workshop. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sebanyak 15 tim usaha sosial , yang terdiri dari 32 peserta dari tujuh negara, telah terpilih untuk mengikuti tahap akhir program Young Social Entrepreneurs (YSE) Global 2021 yang digelar Singapore International Foundation (SIF).

Baca juga: Jiglyciouss, Acne Fighter yang Kini Sukses sebagai Beauty Vlogger

Program YSE Global, yang kini memasuki tahun ke-12, bertujuan untuk menginspirasi, membekali, dan memungkinkan kaum muda dari seluruh dunia untuk memulai atau mengembangkan usaha sosial mereka di Singapura dan negara-negara lainnya. Peserta mempelajari keterampilan baru yang memberdayakan mereka untuk membentuk dan memperkuat model bisnis sambil membangun jaringan profesional untuk potensi kolaborasi dan pertumbuhan berkelanjutan.

Tim yang maju ke tahap selanjutnya dipilih dari 41 tim, terdiri dari 92 peserta dari 16 negara yang mengikuti YSE Global 2021 – Workshop, serangkaian webinar dan klinik bisnis virtual yang dirancang SIF untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menjalankan bisnis yang baik secara sosial. Diselenggarakan dari 23 Juli hingga 20 Agustus 2021, tahun ini adalah kali kedua program ini dilakukan sepenuhnya secara online.

Peserta mempresentasikan rencana bisnis mereka kepada panel juri pada hari terakhir Workshop dan dinilai berdasarkan potensi dampak sosial yang signifikan, serta kesanggupan akan keberlanjutan dan skalabilitas model bisnis.

Ide-ide bisnis yang mereka berikan merupakan usaha untuk berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ditentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa, seperti mengatasi perubahan iklim, mempromosikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata untuk semua, serta memanfaatkan teknologi untuk memberdayakan masyarakat yang rentan.

Tim terpilih diumumkan pada acara penutupan Workshop secara virtual, yang dihadiri oleh Alvin Tan, Menteri Negara Kebudayaan, Masyarakat dan Pemuda, serta Perdagangan dan Industri Singapura.

Alvin Tan mengatakan, pengusaha sosial memainkan peran penting sebagai agen perubahan di masyarakat. Mereka didorong oleh tujuan dan tanpa henti mengejar peluang baru untuk mengatasi masalah sosial yang perlu ditangani secepatnya.

"Dalam krisis global saat ini, kita membutuhkan wirausahawan sosial lebih dari sebelumnya. Mereka mengatalisasi upaya komunitas yang akan membantu kita mengatasi tantangan-tantangan yang ada saat ini dan mendorong kita menuju masa depan berkelanjutan yang ingin kita bangun. Saya berharap para peserta ini akan terus memelihara jaringan YSE, saling mendukung dalam perjalanan kewirausahaan sosial mereka, dan berhasil dalam mengejar tujuan, keuntungan, dan keinginan mereka," tuturnya dalam keterangan persnya, Kamis (26/8).

Baca juga: Berulang Tahun, Luna Maya: Best Day Ever

Tahun ini, para peserta menghadiri sesi analisis data, keuangan dan pengukuran dampak, memperoleh keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi wirausahawan sosial yang efektif. Anggota jaringan alumni YSE Global dari India, Indonesia, Malaysia, dan Singapura juga kembali untuk berbagi pengalaman berharga mereka dan mengadakan workshop yang membentuk pemikiran.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2502 seconds (0.1#10.140)