6 Tips Berhenti Merokok, Ayo Hidup Lebih Sehat!

Rabu, 22 September 2021 - 08:28 WIB
loading...
6 Tips Berhenti Merokok, Ayo Hidup Lebih Sehat!
Terapkan tips berhenti merokok agar hidup Anda lebih sehat. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Merokok menjadi kebiasaan bagi sejumlah orang sehingga menimbulkan kecanduan. Padahal, tak hanya perokok aktif, merokok juga berbahaya bagi siapa saja yang menghirup asapnya atau disebut perokok pasif.

Semua orang tahu bahwa merokok dapat menimbulkan risiko yang berbahaya. Misalnya penyakit jantung, stroke, masalah kesuburan, dan gangguan pada paru-paru.



Memang tidak mudah untuk berhenti merokok, apalagi rokok sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi si pecandu. Melansir laman Halodoc, Rabu (22/9/2021), berikut tips berhenti merokok yang patut diterapkan.

1. Komitmen untuk Berubah

Pikirkan atau bila perlu tuliskan hal apa saja yang bisa Anda peroleh jika tidak merokok. Misalnya kesehatan fisik yang lebih baik, napas yang lebih segar, konsentrasi yang lebih baik, dan lebih banyak uang untuk dibelanjakan untuk hal-hal lain. Dengan demikian, ini bisa memotivasi Anda untuk berkomitmen berhenti merokok.

2. Minta Dukungan dari Teman dan Keluarga

Berhenti merokok bisa lebih mudah bila didukung oleh keluarga dan teman. Kalau Anda tinggal dengan orang yang merokok atau memiliki teman yang merokok, sarankan pada mereka untuk berhenti bersama. Jika anggota rumah merokok, dorong mereka untuk tidak merokok di sekitar Anda atau meninggalkan rokok, asbak, maupun pemantik api di tempat yang tidak Anda lihat.

3. Cari Koping Stres Lain

Bila Anda sering menggunakan rokok untuk mengatasi stres, cari cara lain untuk mengatasinya. Beberapa hal yang bisa dicoba contohnya meditasi dan latihan pernapasan, olahraga teratur, mengurangi alkohol, makan makanan yang seimbang, akupunktur, dan hipnosis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)