Maria Vania Suka Makan Pisang sebelum Olahraga, Ini Manfaatnya

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 13:01 WIB
loading...
A A A
Nah, dengan mengonsumsi sumber karbohidrat yang sehat, simpanan glikogen yang merupakan bentuk glukosa yang disimpan di otot dan hati, digunakan untuk energi selama Anda berolahraga. Efeknya, tubuh tetap fit dan tidak merasa letih berlebih selama berolahraga.

"Makan pisang sebelum olahraga dapat sangat bermanfaat, khususnya untuk melakukan olahraga dengan durasi dan intensitas yang tinggi, seperti bersepeda atau jogging. Dengan begitu, akan menunda tubuh merasa letih," terang dr Tinsley.

2. Penambah Energi

Selain kandungan karbohidrat, pisang juga mengandung serat. Nah, serat dalam pisang ini dipercaya dapat memberikan tubuh energi lebih tanpa membebani Anda atau menyebabkan sakit perut selama berolahraga.

Serat dalam pisang juga diketahui dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, sehingga memberikan sel-sel Anda aliran glukosa yang stabil. Dengan begitu, olahraga yang Anda jalani akan lebih bersemangat karena energi terjaga dengan baik.

3. Mencegah Kram Otot Tubuh

Salah satu risiko yang bisa dialami saat berolahraga adalah kram otot. Nah, dengan mengonsumsi pisang sebelumnya, risiko itu bisa diminimalisir.

Baca juga: Idap Kanker Usus Stadium 4, Pelawak Qomar Lelang Lukisan untuk Berobat

Sebab, kandungan potasium pada pisang membantu menjaga otot tubuh tetap baik performanya. "Makan pisang sebelum olahraga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalium untuk meningkatkan fungsi otot dan mencegah kram," papar dr Tinsley.

Pisang sendiri diketahui mengandung potasium yang sangat baik, berkisar 10-14% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk tubuh. Ini didapatkan hanya dari satu pisang berukuran sedang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)