Tak Hanya Vaksin, CDC Sebut Prokes Juga Efektif Lindungi Diri dari Covid-19

Selasa, 05 Oktober 2021 - 10:54 WIB
loading...
Tak Hanya Vaksin, CDC Sebut Prokes Juga Efektif Lindungi Diri dari Covid-19
Tak Hanya Vaksin, CDC Sebut Prokes Juga Efektif Lindungi Diri dari Covid-19. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kondisi Covid-19 yang sudah menunjukkan tren positif di Indonesia, membuat sejumlah aktivitas sudah kembali normal di beberapa kota dan tempat di Indonesia. Tapi perlu diingat Covid-19 masih ada, walaupun sedikit kalau lengah bisa meledak kembali dan menyebabkan outbreak.

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, Selasa (5/10/2021) membahas salah satu laporan dari Centers for Disease Control ( CDC ) dimana protokol kesehatan (prokes) efektif dalam melindungi penularan Covid-19 pada suatu acara besar.

"CDC merilis suatu laporan yang menyatakan ada acara yang diselenggarakan sampai menginap dan melibatkan 7.000 orang, namun tidak terjadi outbreak besar disitu, karena menerapkan berlapis protokol kesehatan serta vaksinasi," ujar dr. Fajri.



Ia menambahkan bahwa protokol kesehatan dalam acara itu sangat ketat seperti cuci tangan, pakai masker, tidak berkumpul bersama.

Jika ada satu orang yang terdeteksi positif Covid-19 maka sudah di track kedepannya secara ketat dan teliti. Fakta lainnya adalah 93 persen populasi yang hadir dalam acara tersebut sudah divaksin.

"Justru terjadi penularan pada orang-orang yang belum divaksin dan bukan berasal dari acara tersebut. Artinya ini pelajaran penting buat kita ketika ingin hidup beradaptasi jangka panjang dan tidak ingin kasus Covid-19 meledak lagi karena aktivitas mulai dibuka," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2523 seconds (0.1#10.140)