5 Penyebab Asam Urat Tinggi Selain Makanan, Salah Satunya Salah Pilih Sepatu

Senin, 01 November 2021 - 13:13 WIB
loading...
A A A
Selain baik untuk pencegahan, olahraga juga efektif untuk mengurangi timbulnya gejala asam urat. Tak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan aktivitas fisik yang ringan seperti jalan santai di sekitar rumah pada pagi hari.


3. Stres

Stres juga bisa menjadi penyebab seseorang rentan terkena asam urat tinggi, tak terkecuali di usia muda. Ketika dalam keadaan stress, tubuh akan melepaskan banyak hormon tertentu termasuk hormon kortisol.

Kondisi ini bisa menjadi mengurangi kadar asam pantotenat. Pantotenat sendiri merupakan kandungan vitamin B5 yang salah satu fungsinya adalah untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

4. Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyebab kadar asam urat mudah melonjak tinggi. Pasalnya, asupan air yang cukup dapat membantu meningkatkan pembuangan asam urat berlebih.

Sebaliknya, apabila seseorang kekurangan cairan dapat membuat sistem pembuangan asam urat melalui urine. Oleh karena itu, dehidrasi juga bisa menjadi salah satu penyebab kambuhnya asam urat bagi seseorang yang sudah memiliki riwayat penyakit ini.


5. Salah Pilih Sepatu

Pemilihan sepatu yang salah juga bisa menjadi penyebab munculnya asam urat di kaki. Hal tersebut dikarenakan, bentuk sepatu tidak tepat dengan postur jari kaki sehingga memaksa tulang untuk menyesuaikan dengan posisi rongga yang ada.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)