8 Cara Efektif Menaikkan Kolesterol Baik, Tanpa Obat

Senin, 10 Januari 2022 - 06:41 WIB
loading...
A A A
3. Berhenti Merokok

Merokok dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit paru-paru, kanker, dan juga meningkatkan risiko serangan jantung. Merokok dapat mengurangi kolesterol baik dalam banyak cara, termasuk dengan menghambat sintesis kolesterol baik, menghalangi pematangannya, dan mempercepat pembersihan dan metabolismenya.

Berhenti merokok dapat membantu sintesis dan metabolisme kolesterol baik kembali ke tingkat alaminya sehingga dapat melakukan tugasnya dengan lebih baik.

4. Makan Ikan

Ikan dapat meningkatkan kolesterol baik dalam waktu singkat. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Februari 2014 di jurnal PLoS One menunjukkan para peneliti menyimpulkan bahwa diet kaya makanan termasuk ikan menunjukkan peningkatan ukuran partikel kolesterol baik dalam tubuh, yang dapat membantu meningkatkan transportasi kolesterol melalui tubuh. Para peneliti melihat efek positif dari diet yang memasukkan ikan hanya dalam 12 minggu.


5. Minum Anggur

Penelitian menunjukkan bahwa minum anggur dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Menurut Mayo Clinic, ini berarti minum satu gelas beralkohol per hari untuk wanita, serta untuk pria di atas usia 65 tahun, pria di bawah 65 tahun dapat minum hingga dua gelas per hari.

6. Kurangi Gula

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada November 2015 di jurnal Nature, konsumsi tinggi karbohidrat seperti tambahan gula, roti putih, kue kering, mengurangi kadar kolesterol baik, meningkatkan risiko gangguan metabolisme.
Karbohidrat olahan yang ditemukan dalam makanan berlabel rendah lemak membuatnya sama buruknya dengan makanan penuh lemak karena lemaknya sering diganti dengan karbohidrat dari tambahan gula dan pati lainnya.

7. Masak dengan Minyak Sehat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)