7 Kebiasaan Makan yang Bikin Kolesterol Jahat Naik

Rabu, 12 Januari 2022 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Sementara daging yang berbeda dapat menjadi sumber protein, vitamin, dan mineral alami, potongan tertentu dapat mengandung sejumlah besar lemak jenuh. "Ketika lemak jenuh dikonsumsi secara berlebihan, ini dapat mempengaruhi kadar kolesterol," jelas ahli nutrisi Jinan Banna, PhD, RD.



4. Makan Terlalu Banyak Gula

Makan terlalu banyak gula tambahan dapat menurunkan kolesterol baik. Mulai dari permen hingga kue bahkan gula yang ditambahkan ke kopi, bahan ini dapat bertambah sepanjang hari dan menyebabkan masalah kesehatan secara menyeluruh. Pilih buah segar jika Anda membutuhkan rasa manis tanpa tambahan gula.

5. Kurang Serat

Kurang konsumsi serat, terutama serat larut dapat membuat penurunan kolesterol menjadi sulit. Di mana serat jenis ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada banyak orang. Pastikan untuk secara teratur memasukkan makanan seperti gandum, barley, apel, kacang-kacangan, biji rami, dan biji chia untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

6. Menghindari Makan Lemak

Meskipun makan makanan yang kaya lemak jenuh bukanlah ide terbaik dalam hal manajemen kolesterol, ada lemak lain yang sebenarnya bisa menjadi tambahan penting untuk diet. Makanan yang kaya akan lemak sehat, termasuk kacang-kacangan, alpukat, biji-bijian, dan ikan harus dikonsumsi secara rutin.


7. Tidak Makan Sayuran

Makan makanan yang kaya akan sayuran tertentu, terutama sayuran seperti brokoli dan kembang kol, telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol jahat.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)