8 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tak Terduga, Nomor 4 Paling Sering Dilakukan

Selasa, 11 Januari 2022 - 16:19 WIB
loading...
A A A
Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik, yang berarti Anda menyimpan lebih banyak hal-hal buruk. Dan itu terkait dengan tekanan darah tinggi, diabetes, hingga penyakit jantung. Berhenti merokok dapat membuat kadar kolesterol Anda lebih baik dan membantu melindungi arteri. Jika tidak merokok, lakukan yang terbaik untuk menjauh dari perokok pasif.


5. Obesitas

Obesitas atau kegemukan, terutama di sekitar perut dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan jenis yang baik. Namun, menurunkan 10% dari berat badan, dapat membantu mengontrol kolesterol. Bicaralah dengan dokter Anda tentang program diet dan olahraga terbaik untuk membantu menurunkan berat badan.

6. Banyak Makan Lemak Jenuh

Lemak jenuh terkandung dalam daging sapi, babi, domba, dan produk susu penuh lemak seperti mentega, krim, susu, keju, dan yogurt, serta minyak kelapa. Makanan ini dapat meningkatkan kolesterol jahat. Jika kolesterol tinggi, Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 6% kalori dari lemak jenuh.

7. Kurang Serat

Serat baik untuk kesehatan jantung, tetapi serat larut khususnya membantu menurunkan kolesterol jahat. Tambahkan ke diet Anda dengan semangkuk oatmeal di pagi hari atau gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, lentil, atau sayuran.

8. Minum Alkohol

Berlebihan dengan alkohol dapat menyebabkan angka kolesterol yang tidak sehat. Secara khusus, kebiasaan ini dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah. Pria seharusnya tidak lebih dari dua gelas alkohol per hari, dan wanita satu gelas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5114 seconds (0.1#10.140)