5 Rempah Penurun Gula Darah, Salah Satunya Kayu Manis

Minggu, 16 Januari 2022 - 16:56 WIB
loading...
A A A
Bawang putih bisa meningkatkan kadar insulin dan secara signifikan menurunkan glukosa dalam darah. Selain itu, rempah satu ini juga baik untuk diet karena dapat menurunkan kolesterol.

3. Jahe

Di balik rasanya yang agak pedas dengan aroma serta cita rasa yang menyengat cukup tajam, jahe dipercaya sebagai salah satu rempah-rempah yang paling kaya khasiat.

Jahe banyak digunakan untuk bahan obat herbal sebagai upaya mengatasi masalah kesehatan seperti masuk angin hingga pencernaan. Selain itu, rempah satu ini juga mengandung efek antigliserin yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat hingga menstabilkan kadar gula dalam darah.

4. Cengkeh

Rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu penyedap rasa sekaligus aroma makanan ini juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa cengkeh mengandung 30% fenol antioksidan, antosianin, dan quercetin yang mampu mengontrol kadar gula darah serta menjaga kesehatan jantung dan hati.

5. Ketumbar

Seperti jahe, salah satu rempah-rempah tertua di dunia ini juga kerap digunakan sebagai terapi kesehatan seperti menjadi bahan obat herbal dan sebagainya.

Salah satunya adalah biji ketumbar yang mengandung efek antihiperglikemik yang bisa membuat kadar gula darah tetap stabil. Bahkan biji dan daun rempah-rempah ini juga banyak digunakan sebagai terapi diabetes dengan cara direbus lalu airnya diminum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2396 seconds (0.1#10.140)