Alat Tes Buatan BRIN Mampu Deteksi Covid-19 Kurang dari 1 Jam dengan Akurasi Setara PCR

Senin, 17 Januari 2022 - 17:42 WIB
loading...
Alat Tes Buatan BRIN Mampu Deteksi Covid-19 Kurang dari 1 Jam dengan Akurasi Setara PCR
Peneliti Kimia BRIN Tjandrawati Mozef dalam webinar, Senin (17/1/2022). Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Alat tes Covid-19 buatan peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bernama RT-LAMP akhirnya dirilis setelah dua tahun penelitian. RT-LAMP kepanjangan dari reverse transcription loop mediated isothermal amplification.

RT-LAMP merupakan inovasi dari Pusat Riset Kimia - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Alat ini adalah metode alternatif pengujian virus Covid-19 yang banyak menggunakan alat Polymerase Chain Reaction ( PCR ) sebagai metode standard.

Baca Juga: Seakurat PCR, RT-LAMP Inovasi BRIN Bisa Deteksi Covid-19 dalam 1 Jam

"RT-LAMP merupakan detektor Covid-19 tanpa alat PCR," terang Peneliti Kimia BRIN Tjandrawati Mozef dalam webinar, Senin (17/1/2022).

Selain tidak menggunakan alat yang banyak, RT-LAMP juga menjanjikan hasil tes yang sangat cepat. Berdasarkan hasil studi panjang, RT-LAMP bisa membaca Covid-19 pada sampel yang diambil dari hidung dengan cara di-swab kurang dari 1 jam.

"Ini sangat menguntungkan buat fasilitas kesehatan yang tidak memiliki alat PCR dan juga membutuhkan hasil tes yang akurasinya setara dengan RT-PCR," tambah Tjandrawati.



Baca Juga: Alat Deteksi Covid-19 Buatan UGM Dipakai untuk Deteksi Penumpang Bus Mulai 5 Februari



Meski setara dengan RT-PCR, alat tes buatan BRIN ini dihadirkan bukan untuk menggantikan RT-PCR. Sebab, sampai saat ini 'gold standar' pemeriksaan Covid-19 masih RT-PCR.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2106 seconds (11.252#12.26)