Pakar Kesehatan Ingatkan Bahaya Swab Antigen yang Dilakukan Sembarang Orang, Ini Risikonya

Kamis, 03 Februari 2022 - 20:15 WIB
loading...
A A A
"Buat orang yang mengerjakan tindakan tersebut (swaber), mereka harus memperhatikan general precautions (ketentuan umum) masalah safety, bukan hanya untuk dokter atau nakes, tapi untuk pasien," terangnya.

Ini penting karena swaber dihadapkan pada risiko terpapar Covid-19 jika orang yang diambil sampelnya ternyata positif, dan APD yang dipakai tidak proper.

Soal tindakan invasif atau memasukkan benda asing ke dalam tubuh, menurut dr. Ari yang merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, berisiko sebabkan perdarahan.

"Karena ini tindakan memasukkan benda asing ke dalam organ tubuh melalui hidung dan tenggorokan, hal yang perlu diperhatikan adalah risiko terjadinya trauma luka atau kebetulan pada pasien tersebut ada permasalah tumor atau luka, tentu tindakan ini akan mencetuskan perdarahan," paparnya.

Karena hal tersebut, dr. Ari mengingatkan kepada masyarakat bahwa pemeriksaan swab antigen harus dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih. Lalu, swaber juga harus memperhatikan keselamatan untuk dirinya maupun orang lain.

"Kita tidak ingin pengambilan sampel dengan swab tenggorokan dan hidung dianggap hal simpel, sehingga berdampak buat yang mengerjakan ataupun pasien," ujar dr. Ari.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2599 seconds (0.1#10.140)