Sempat Diderita Dorce Gamalama Sebelum Tutup Usia, Apa Itu Alzheimer?

Kamis, 17 Februari 2022 - 15:41 WIB
loading...
A A A
Dalam laporan special yang digarap Alzheimer's Association bertajuk "Race, Ethnicity and Alzheimer's in America" pada 2021, ada beberapa gejala klinis awal seseorang mengidap alzheimer. Di antaranya adalah kesulitan mengingat percakapan, nama dan peristiwa-peristiwa yang baru saja terjadi serta depresi.

Gejala selanjutnya, terjadi gangguan komunikasi, disorientasi, kebingungan, dan perubahan perilaku. Pada akhirnya, seseorang akan mengalami kesulitan melakukan komunikasi, termasuk untuk berjalan.

WHO menyebut, saat ini ada sekitar 55 juta orang di dunia yang hidup dengan demensia. Dari angka tersebut, alzheimer memiliki kontribusi paling besar, yakni 60-70% kasus. Sementara itu, pertambahan kasus demensia per tahunnya mencapai 10 juta. Demensia juga menempati urutan ke-7 dalam daftar penyakit yang paling besar menimbulkan kematian.

NHS Inggris menyebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan guna menghindarkan diri dari alzheimer. Contohnya adalah membaca, mempertahankan kehidupan sosial yang aktif, banyak berpartisipasi di dalam komunitas, belajar bahasa asing, dan olahraga.

Baca juga: Ibu Hamil yang Divaksin Covid-19 Turunkan Perlindungan ke Bayi yang Dikandung

Seseorang juga bisa memainkan beberapa permainan di gawainya yang sekiranya dapat melatih otak dan daya ingat. Meskipun, hingga saat ini belum ada penelitian pasti mengenai hal tersebut.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)