Cegah Dehidrasi pada si Kecil

Senin, 15 Juni 2020 - 23:00 WIB
loading...
A A A
Selain kehilangan air/cairan, dehidrasi juga menyebabkan seseorang kehilangan elektrolit. Dehidrasi menyebabkan tubuh paling sering kehilangan natrium dan kalium yang berfungsi membantu fungsi otot serta saraf, menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh manusia, menjaga pertumbuhan tubuh yang normal, dan mengontrol keseimbangan asam-basa tubuh maupun menjaga kesehatan jantung.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada anak, orangtua harus lebih memperhatikan asupan air/cairan si kecil. Minum dan mengonsumsi makanan yang kadar airnya tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran, merupakan salah satu cara untuk menjaga anak agar tetap terhidrasi.

Selain saat cuaca panas dan sedang beraktivitas ataupun bermain, air putih dapat diberikan secara rutin kepada anak di pagi hari untuk membantu mengaktifkan organ dalam, 30-60 menit sebelum makan untuk membantu proses pencernaan, sebelum mandi untuk menurunkan tekanan darah, dan sebelum tidur. ( )

"Penanganan pertama dehidrasi pada anak adalah dengan memberikan cairan. Sementara untuk dehidrasi akibat kehilangan cairan dan elektrolit diberikan Cairan Rehidrasi Oral (CRO) yang biasanya dikenal sebagai oralit," kata dr. Ariani.

Pada 2005, lanjut dr. Ariani, WHO telah merekomendasikan penggunaan CRO osmolaritas rendah (245 mOsm/L) untuk menggantikan versi oralit sebelumnya (311 mOsm/L). Selain osmolaritas, faktor lain yang juga penting dalam keberhasilan pemberian oralit pada anak adalah volume, frekuensi pemberian, dan rasanya.

"Selalu perhatikan jumlah total asupan cairan harian anak agar mereka tetap terhidrasi," tandas dr. Ariani.

Melihat kebutuhan akan minuman berasa yang dapat membantu menjaga anak tetap terhidrasi, PT Johnson & Johnson berinovasi melalui salah satu produknya, Vivity R-Hidrate. Vivity R-Hidrate tersedia dalam kemasan yang praktis dengan perlindungan enam lapis pada kemasan kotak serta memiliki rasa enak. Terdiri atas apel dan jeruk yang dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)