7 Cara Menaikkan Trombosit, Nomor 6 Paling Simpel dan Alami

Selasa, 08 Maret 2022 - 05:50 WIB
loading...
7 Cara Menaikkan Trombosit, Nomor 6 Paling Simpel dan Alami
Cara menaikkan trombosit perlu diketahui untuk menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Cara menaikkan trombosit perlu diketahui untuk menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Trombosit normal pada tubuh sangat penting dijaga karena dapat melindungi tubuh dari risiko terpapar sejumlah penyakit.

Trombosit atau keping sel darah merupakan salah satu pemeran utama dalam proses pembekuan darah. Bila kadar trombosit di dalam tubuh tidak mencukupi atau turun, bisa dipastikan proses pembekuan darah akan sangat terganggu.



Trombosit membantu membentuk bekuan darah untuk memperlambat atau menghentikan perdarahan dan penyembuhan luka. Itulah peran penting trombosit. Lalu, bagaimana cara menaikkan trombosit? Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Honestdocs.

1. Konsumsi Makanan Sehat

Cara menaikan trombosit yang paling efektif adalah dengan mengonsusi makanan sehat , khususnya buah dan sayuran segar. Sayuran hijau, buah jeruk, jambu biji, tomat, dan kiwi dapat membantu menaikkan trombosit.

Selain itu kurangi makanan olahan, gula halus, junk food, alkohol, dan minuman berkafein yang dapat menghambat serta menurunkan jumlah trombosit yang diproduksi oleh sumsum tulang.



2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 dan Asam Folat

Makanan sehat buah atau sayuran yang dikonsumsi tentu harus memiliki kandungan vitamin B12 dan asam folat yang berperan penting dalam meningkatkan produksi trombosit. Makanan yang kaya folat seperti bayam, brokoli, kol, kacang merah, buah jeruk, telur, susu, keju, dan hati yang mengandung vitamin B12 sangat baik untuk dikonsumsi demi menaikkan trombosit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3543 seconds (0.1#10.140)