Tips agar Anak Tidak Terlalu Kecanduan Bermain Gadget

Senin, 16 Mei 2022 - 17:29 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut, ibu dari Jason (@jasonmilesgamafu) menuturkan, mengganti kebiasaan sehari-hari juga bisa menjadi cara agar anak tidak kecanduan gadget. Semisal, mengganti posisi tempat duduk untuk mengalihkan perhatian.

Jika biasanya duduk di kursi meja makan yang menghadap televisi, bisa diajak makan di meja kursi lain atau diajak sambil bermain.

"Terus misalnya jika anak ngrengek minta tv atau HP, coba dikasih cemilan-cemilan atau diajak main-main aja," kata dia.

Kegiatan sederhana seperti membantu jemur baju, menaruh baju, cuci mobil atau motor, menyiram tanaman, clean up mainan, hingga membersihkan meja kursi juga bisa menjadi alternatif agar anak sedikit melupakan gadget.

Selebgram ini mengakui jika saat ini memang tidak sedikit para orang tua yang sengaja memberikan keleluasaan anaknya bermain gawai agar tidak mengganggu pekerjaan, terutama pekerjaan di rumah yang dikerjakan sendiri tanpa asisten rumah tangga.

Akan tetapi, tidak ada salahnya mencoba melibatkan si anak ikut belajar membantu pekerjaan rumah. "Ya meskipun berantakan, tapi belajar juga untuk anaknya," ucapnya.

Namun bagaimana jika ada kerabat sebaya yang tiba-tiba datang ke rumah dan mengajak si anak bermain gawai dan nonton tayangan online?

Menurut Sherly, pada momen-momen tertentu, bermain gawai dan nonton tayangan online boleh-boleh saja dilakukan. Namun tetap harus dibatasi agar si anak tidak kecanduan lagi.

"Kecuali bener-bener kayak saudara ada yang datang ke rumah atau kerabat nonton, baru ikut nonton bentar terus buru-buru diajak kegiatan, atau misal bosan enggak tertarik udah enggak mau nonton," jelasnya.

Untuk mengalihkan perhatian, kata dia, saudara dan si anak bisa diajak kegiatan yang melibatkan beberapa orang seperti memainkan permainan tradisional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)