Cara Tepat Menjaga Kesehatan Paru-paru, Ini Penjelasan Ahli

Kamis, 02 Juni 2022 - 18:43 WIB
loading...
Cara Tepat Menjaga Kesehatan Paru-paru, Ini Penjelasan Ahli
Menjaga paru-paru agar tetap sehat ialah kewajiban setiap manusia. Cara menjaga kesehatannya, mudah dengan memahami pencegahan hingga cek rutin kesehatan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Menjaga paru-paru agar tetap sehat ialah kewajiban setiap manusia. Cara menjaga kesehatannya, mudah dengan memahami pencegahan hingga cek rutin kesehatan.

Menurut Direktur Program Penyakit Vaskular Paru di Brigham and Women's Hospital, Dr. Aaron Waxman napas di usia 60-an dan 70-an berbeda saat masih muda. Dia menambahkan, jika paru-paru selesai berkembang pada usia 25, dan fungsinya tetap stabil selama sekitar 10 tahun.

Setelahnya, fungsi paru-paru mulai menurun secara bertahap. "Fungsi paru-paru anda menurun seiring bertambahnya usia, seperti bagian lain dari tubuh," ujar Dr Aaron dilansir Harvard, Kamis (2/6/2022)

Lantas bagaimana, cara tepat menjaga kesehatan paru-paru?, Berikut penjelasannya dirangkum dari berbagai sumber:



1. Menghindari paparan polutan dalam ruangan yang dapat merusak paru-paru.
Di mana, asap rokok dan bahan kimia di rumah dan tempat kerja dapat menyebabkan atau memperburuk penyakit paru-paru.

2. Minimalkan paparan polusi udara luar ruangan.
Kualitas udara di luar dapat bervariasi dari hari ke hari dan terkadang tidak sehat untuk dihirup. Juga perubahan iklim dan bencana alam juga dapat berdampak langsung ke paru-paru.

3. Mencegah infeksi.
* Dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air. Pembersih berbahan dasar alkohol adalah pengganti yang baik jika Anda tidak bisa mencuci.
* Menghindari keramaian selama musim dingin dan flu.
* Kebersihan mulut yang baik dapat melindungi Anda dari kuman di mulut yang menyebabkan infeksi. Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari dan temui dokter gigi Anda setidaknya setiap enam bulan.
* Lakukan vaksinasi setiap tahun terhadap influenza.
* Jika sakit, jaga aktivitas diri untuk melindungi orang-orang di sekitar Anda, termasuk orang yan dicintai, dengan menjaga jarak. Tetap di rumah dari kantor atau sekolah sampai merasa lebih baik.

Sekadar informasi, perlu melakukan oemeriksaan rutin guna mencegah penyakit. Bahkan ketika merasa sehat, hal ini terutama berlaku untuk penyakit paru-paru, yang terkadang tidak terdeteksi hingga menjadi serius.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)