Rambut Transplantasi Akan Tumbuh Alami? Ini Kata Dokter Spesialis Bedah Plastik

Senin, 06 Juni 2022 - 14:56 WIB
loading...
Rambut Transplantasi...
Dijelaskan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik The Clinic Beautylosophy Cipete dr Nilam Permatasari, SpBP-RE, rambut transplantasi bisa tumbuh alami seperti rambut normal. Foto/Muhammad Sukardi/MPI
A A A
JAKARTA - Banyak selebriti Tanah Air yang melakukan transplantasi rambut , sebut saja Anang Hermansyah hingga Atta Halilintar. Bahkan, Kevin Aprilio melakukan transplantasi jenggot.

Tindakan estetik ini membantu mereka yang sudah mengalami kerontokan atau penipisan rambut dengan mengisi area yang botak. Menjadi pertanyaan sekarang, apakah rambut transplantasi bisa tumbuh alami seperti rambut biasanya?

Dijelaskan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik The Clinic Beautylosophy Cipete dr Nilam Permatasari, SpBP-RE, rambut transplantasi bisa tumbuh alami seperti rambut normal.

"Rambut transplantasi itu diambil dari rambut bagian belakang yang punya kekuatan dan kualitas rambut yang baik. Rambut tersebut kemudian ditanam di area yang mau dibenahi. Jadi, rambut bisa tumbuh alami seperti rambut lainnya," kata dr Nilam saat diwawancarai MNC Portal, Senin (6/6/2022).



"Karena tumbuh alami, rambut transplantasi bisa juga beruban. Jadi, benar-benar seperti rambut alami, tidak ada bedanya. Pun secara tampilan akan sama, tidak seperti rambut boneka," tambah dr Nilam.

Diterangkan juga kenapa rambut bagian belakang yang dipilih. Menurut dr Nilam, karena rambut di area tersebut yang biasanya paling kuat dan punya kualitas rambut terbaik.

Makanya, kata dr Nilam yang merupakan Ahli Bedah Plastik Restorasi Rambut, jarang sekali pada kasus pria, kebotakan dimulai dari area belakang kepala. Kebotakan pada umumnya terjadi di area tengah kepala, samping, atau depan.

Proses pengambilan rambutnya pun dilakukan dengan robot, bukan konvensional. Karena melibatkan robot, pengambilan rambut bisa lebih spesifik hanya pada rambut yang sangat baik.

"Dipakainya robot transplantasi seperti robotik ARTAS memungkinkan donor rambut tidak terbuang sia-sia dan hasil yang didapat akan jauh lebih baik karena rambut yang dipakai yang kualitasnya paling oke," terang Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dr Danu Mahandaru, Sp.BP-RE.

Selain itu, proses transplantasi rambut dengan robot tidak memerlukan waktu yang lama, durasi recovery lebih singkat, tanpa bekas luka, tidak ada bekas luka garis, hingga tampilan rambut yang terlihat sama dengan yang natural.

"Tidak bisa dipungkiri, transplantasi rambut dengan robot itu lebih baik saat ini karena minim efek samping dengan hasil yang cukup menjanjikan," tambah dr Danu.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)