3 Film India yang Pernah Diprotes Pemuka Agama Hindu, Ada yang Diperankan Aamir Khan

Kamis, 16 Juni 2022 - 16:40 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya ada film Oh My God yang rilis tahun 2012. Film ini memang bergenre komedi. Namun, komedi yang dibawakan lebih ke komedi satir.



Oh My God bercerita tentang perjalanan spiritual Kanji yang diperankan oleh Paresh Rawal. Diceritakan guru spiritual itu merupakan seorang laki-laki paruh baya ateis pemilik toko barang antik. Saat berjualan, dia sering mencurangi pembelinya agar mendapat untung yang banyak.

Selain itu, dia juga sering mencibir orang-orang religius pemuka agama seperti Siddheshwar Maharaj serta mengkritik praktik komersial keagamaan di Hindu.

Film tersebut lantas menuai kontroversi di kalangan masyarakat Hindu karena dinilai merendahkan dewa-dewa di sana. Hal itu membuat film Oh My God diboikot di beberapa kota di India.

3. Water (2005)

3 Film India yang Pernah Diprotes Pemuka Agama Hindu, Ada yang Diperankan Aamir Khan


Yang terakhir dalam daftar ini ada film berjudul Water yang tayang pada 2005. Film ini mengambil latar 1938, dan mengangkat isu perkawinan anak dan kehidupan para janda yang mengalami diskriminasi di India.

Water menceritakan tentang kisah janda yang harus diasingkan ke tempat khusus dan digunduli. Bahkan janda direndahkan dan dianggap sebelah mata.

Film ini merupakan bagian dari trilogi elemen karya Deepa Mehta yang sempat diprotes karena dianggap “anti-Hindu” oleh kelompok sayap kanan Hindu, Shiv Sena.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)