5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat, Ampuh Tanpa Obat

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:44 WIB
loading...
A A A
Jika Anda kelebihan berat badan, turunkan 4,5 kilogram dan Anda akan memotong kolesterol jahat hingga 8 persen. Tetapi untuk benar-benar menjaga berat badan, Anda harus melakukannya dari waktu ke waktu. Sasaran yang masuk akal dan aman adalah 0,9 kilogram.


3. Olahraga

Olahraga setidaknya 2 1/2 jam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Jika Anda belum aktif olahraga, mulailah perlahan. Pilih olahraga yang Anda sukai.

4. Makan Serat

Makanan seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan kaya akan serat larut, yang mencegah tubuh Anda menyerap kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan 5 hingga 10 gram lebih banyak setiap hari mengalami penurunan kolesterol jahat.

Makan lebih banyak serat juga membuat Anda merasa kenyang, sehingga tidak akan terlalu menginginkan camilan. Tapi hati-hati, terlalu banyak serat pada satu waktu dapat menyebabkan kram perut atau kembung. Tingkatkan asupan Anda secara perlahan.

5. Makan Ikan

Cobalah untuk makan ikan dua sampai empat kali seminggu. Tidak hanya lemak omega-3 dalam ikan yang menyehatkan jantung, tetapi mengganti daging merah dengan ikan akan menurunkan kolesterol dengan mengurangi paparan lemak jenuh yang berlimpah dalam daging merah.

Beberapa jenis ikan seperti hiu, ikan todak, dan king mackerel, mengandung merkuri tinggi. Itu bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Sebagai gantinya, pilihlah salmon, sarden, dan tuna sirip biru.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)