4 Lauk Pauk Penurun Kolesterol yang Bisa Dinikmati, Nomor Terakhir Terbuat dari Kedelai

Senin, 18 Juli 2022 - 14:38 WIB
loading...
A A A
Lebih baik merebus atau memanggang kentang di oven daripada menggorengnya. Karena makanan berminyak juga akan meningkatkan kadar kolesterol. Hindari juga memesan kentang goreng di restoran, selain itu dalam memanggangnya gunakanlah minyak zaitun.

Karena itu lebih baik memasak kentang sendiri daripada harus membelinya. Kentang biasa memiliki lebih banyak kalium, dan bagus untuk menurunkan kolesterol.

3. Ikan

Meskipun sempat dijelaskan bahwa seafood bisa meningkatkan kadar kolesterol namun berbeda dari ikan-ikan ini. Tuna, salmon, mackerel, dan trout dapat menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Ikan berlemak memiliki keuntungan karena mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung atau stroke.

4. Tahu dan Tempe

Terbuat dari kedelai yang memiliki kadar protein yang tinggi, bahkan menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 5% hingga 6%.

Hal inilah yang sering membuat tempe dan tahu menjadi alternatif pilihan lauk bagi penderita kolesterol. Selain nikmat dua lauk pauk ini juga memiliki banyak manfaat.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)