9 Manfaat Kacang Hitam, Bisa Mengaturan Gula Darah

Kamis, 21 Maret 2024 - 21:37 WIB
loading...
9 Manfaat Kacang Hitam, Bisa Mengaturan Gula Darah
Kacang hitam tidak hanya enak dan bergizi, juga bisa mengatur gula darah hingga menjaga kesehatan usus. Foto/ freepik
A A A
JAKARTA - Kacang hitam tidak hanya enak, tapi juga bergizi. Manfaat untuk kesehatan pun cukup banyak, seperti mengatur berat badan dan menjaga kesehatan usus.

Kacang kecil berwarna hitam yang tergolong kacang-kacangan juga dapat membantu pengaturan gula darah.


Apa itu kacang hitam?

Kacang hitam adalah kacang-kacangan yang biasa digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Bijinya kecil berwarna hitam dengan tekstur lembut dan rasa sedikit manis. Kacang hitam kaya akan berbagai vitamin dan mineral, menjadikannya tambahan nutrisi pada makanan.

Manfaat kacang hitam

1. Dapat membantu perbaikan dan pertumbuhan otot

Kacang hitam adalah sumber protein nabati yang sangat baik, penting untuk perbaikan dan pertumbuhan otot. Seratus gram kacang hitam rebus menghasilkan 8,86 gram protein, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat.

2. Baik untuk kesehatan usus

Dengan kandungan serat yang tinggi, kacang hitam meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan mengatur pergerakan usus. Serat juga membantu menjaga berat badan yang sehat dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sesuai USDA, 100 gram kacang hitam rebus mengandung 8,7 gram serat.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang hitam berkontribusi terhadap kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung, kata Bhardwaj. Kandungan serat, potasium, dan folatnya juga membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

4. Antioksidan

Sarat dengan antioksidan seperti antosianin, kacang hitam membantu melawan peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada penyakit kronis seperti diabetes.

5. Mengaturan gula darah

Karbohidrat kompleks dalam kacang hitam dicerna secara perlahan sehingga mencegah lonjakan kadar gula darah. Jadi, bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes atau mereka yang ingin mengatur kadar gula darahnya. Menurut penelitian tahun 2017 yang diterbitkan di Nutrients, kacang hitam dapat meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, termasuk diabetes tipe 2.

6. Mangatur berat badan

Kacang hitam rendah lemak dan kalori, namun tinggi serat dan protein, menjadikannya pilihan bergizi bagi mereka yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan. Mereka memberikan rasa kenyang dan membantu mengendalikan nafsu makan.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Kacang hitam mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, dan fosfor, yang penting untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis, kata sang ahli.

8. Meningkatan fungsi kognitif

Kandungan folat dan magnesium pada kacang hitam mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif. Folat berperan dalam fungsi neurotransmitter, sedangkan magnesium penting untuk transmisi saraf dan kontraksi otot.


9. Meningkatkan kesehatan kulit

Kacang hitam bermanfaat untuk kulit karena sifat antioksidannya. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan berkontribusi terhadap penuaan dini, kata sang ahli. Selain itu, kandungan protein dalam kacang hitam mendukung produksi kolagen, meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit.

Efek samping kacang hitam

Mengonsumsi kacang hitam dapat menyebabkan perut kembung dan kembung pada sebagian orang karena kandungan seratnya yang tinggi. Untuk meminimalkan efek samping ini, rendam kacang sebelum dimasak dan secara bertahap tingkatkan asupannya agar tubuh Anda dapat menyesuaikan diri.
Namun, bago penderita sindrom iritasi usus besar (IBS) atau gangguan pencernaan lainnya, hindari konsumi kacang hitam.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2307 seconds (0.1#10.140)