4 Tanaman Palawija Penurun Kolesterol Jahat, Murah dan Mudah Ditemukan

Rabu, 20 Juli 2022 - 10:30 WIB
loading...
A A A


3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah jenis tanaman palawija lain yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Bahkan, manfaat tersebut sudah dibuktikan dalam studi.

"Berdasarkan bukti studi diketahui bahwa kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Karena manfaat tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengumumkan kalau kedelai bermanfaat untuk menyehatkan jantung," terang laporan Very Well Health.

4. Jagung

Jagung yang merupakan tanaman palawija lain pun punya manfaat menurunkan kolesterol. Tapi, studi lebih menyarankan minyak jagung dalam upaya menurunkan kolesterol jahat tersebut.

"Studi pada 2018 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa sebanyak 25 orang dewasa dengan kolesterol tinggi mengalami penurunan kadar kolesterol jahat setelah rutin mengonsumsi empat sendok minyak jagung per hari," ungkap laporan Healthy Cholesterol Club.

"Penurunan kadar kolesterol jahat akibat minyak jagung lebih berarti dibandingkan pengguna minyak kelapa, meski takaran penggunaannya sama," tambah laporan tersebut.

Jadi, itu dia 4 tanaman palawija penurun kolesterol jahat. Kalau Anda bisa menanamnya di rumah akan lebih baik, tapi beli langsung hasil panennya di pasar atau supermarket juga tidak masalah.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2397 seconds (0.1#10.140)