15 Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Mengatasi Batuk

Jum'at, 22 Juli 2022 - 09:33 WIB
loading...
A A A
Begitu juga dengan madu, sejak dulu bahan alami yang berasal dari lebah ini bisa membantu mengobati berbagai penyakit. Termasuk batuk, apalagi dicampur dengan air rebusan jahe.

3. Cuka Apel

Selanjutnya adalah cuka apel, jadi salah satu bahan alami untuk menyembuhkan batuk atau juga flu. Bahan tersebut di dalamnya mengandung zat antibakteri, disebut dengan asam asetik.

Zat yang ada di dalam cuka apel ini, mampu memecah gumpalan lendir serta mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

4. Kencur

Siapa sangka, selain jadi bumbu utama untuk membuat seblak, kencur juga cocok jadi obat alami untuk mengobati batuk. Di dalamnya mengandung atsiri yang mampu membuat tenggorokan menjadi terasa lebih lega, seperti yang ada pada jeruk nipis.

Selain itu, kandungan dalam kencur juga dapat mengatur otot pada saluran pernapasan. Serta kencur bisa memberikan sensasi hangat seperti layaknya jahe.

5. Kacang Almond

Tak banyak mengetahui, bahwa kacang almond bisa dijadikan sebagai obat batuk alami lho. Jenis kacang-kacangan ini juga bisa mulai dari mengatasi sembelit, anemia, diabetes, gangguan jantung, bahkan sakit ringan seperti batuk.

Oleh karenanya Anda bisa mengonsumsi kacang almond yang sudah diolah, yakni dengan cara dipanggang. Hindari untuk menggorengnya, karena kandungan minyak bisa memperparah batuk.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)