15 Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Mengatasi Batuk

Jum'at, 22 Juli 2022 - 09:33 WIB
loading...
A A A
Lalu ada kunyit yang di dalamnya mengandung minyak atsiri atau essential oil. Kandungan tersebut diketahui bermanfaat bagi kesehatan sistem pernapasan, termasuk obat batuk alami.

Selain itu, kunyit bisa mengatasi maag, demam hingga pereda batuk. Kandungan kurkumin pada kunyit ini, efektif membunuh bakteri yang bisa jadi penyebab batuk.

10. Belimbing Wuluh

Anda akan cukup mudah menemukan belimbing wuluh di pasaran. Tak hanya cocok dijadikan bahan tambahan makanan, buah ini juga cocok jadi salah satu obat alami untuk menyembuhkan batuk.

Meskipun rasanya sangatlah asam, tapi belimbing wuluh dipercaya sebagai obat batuk alami yang ampuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan di dalamnya, yaitu mengandung anti radang.

11. Daun Jintan

Jintan merupakan salah satu bumbu yang umumnya ditemukan di dapur. Selain itu, daunnya pun sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa jadi obat batuk alami.

Tak hanya bisa dijadikan obat batuk alami. Kandungan daun jintan juga diketahui mampu mengatasi masalah sesak napas.

12. Buah Mengkudu

Beberapa tahun silam, buah ini sempat viral karena sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari mengkudu, yaitu bisa dijadikan obat batuk alami.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)