15 Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Mengatasi Batuk

Jum'at, 22 Juli 2022 - 09:33 WIB
loading...
A A A
6. Nanas

Rasa asam manis yang ada pada nanas, dapat menjadi obat batuk alami karena mengandung enzim bromelain. Kandungan bromelain dari enzim proteolytic dan protease ini, memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga memecah dahak yang menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru.

Akan tetapi Anda harus perhatikan, jika dikonsumsi dengan obat antibiotik, enzim bromelain dalam nanas bisa mengurangi keampuhan obat dalam melawan bakteri.

7. Anggur

Selain nanas, buah anggur juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain baik bagi kesehatan pencernaan, membersihkan usus, juga bisa memurnikan darah.

Tak hanya itu saja, anggur juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk. Sifat ekspektoran pada buah satu ini mampu mengeluarkan lendir yang menumpuk pada saluran pernapasan.

8. Bawang Merah dan Bawang Putih

Jika Anda memiliki masalah batuk kering atau tidak berdahak, bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami, yakni bawang merah dan bawang putih.

Ternyata kedua bumbu dapur tersebut di dalamnya mengandung phytochemical serta sifat anti bakteri yang dapat meredakan gejala-gejala batuk kering dengan ampuh.

9. Kunyit
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)