12 Cara Menyembuhkan Asam Urat Alami dan Tanpa Obat, Nomor 4 Tak Disangka

Sabtu, 23 Juli 2022 - 12:02 WIB
loading...
A A A
Peradangan merupakan salah satu pemicu asam urat. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi mental agar tetap stabil adalah istirahat cukup dengan tidur setidaknya 8 jam setiap malam, olahraga teratur, meditasi, dan melakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan.

7. Konsumsi Suplemen Vitamin C

Selama ini, vitamin C erat sekali kaitannya dengan memelihara daya tahan tubuh. Padahal, vitamin tersebut juga bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat!

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Arthritis Care pada tahun 2011 menelaah soal pemberian vitamin C pada pasien dengan kadar asam urat tinggi. Hasilnya, mengonsumsi suplemen vitamin C 500 mg per hari dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam serum darah.

Alasan mengapa Vitamin C dapat menurunkan kadar asam adalah karena dia bersifat urikosurik. Artinya, vitamin C bisa membantu membuang asam urat dari dalam tubuh melalui urine.

Jika ingin mendapatkannya secara alami (bukan dari suplemen), Anda dapat mengonsumsi buah-buahan. Ingat, maksimal dosis yang dianjurkan adalah 500 mg per hari. Konsumsi lebih dari 2 gram vitamin C dalam sehari bisa memicu seperti nyeri lambung dan diare.

8. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Sel lemak akan memproduksi lebih banyak asam urat daripada sel otot. Kelebihan berat badan akan membuat ginjal menjadi lebih sulit menyaring asam urat. Jika berat badan Anda berlebih, sebaiknya konsultasikan kepada ahli gizi.

9. Konsumsi Buah Ceri

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa buah ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat.
Studi pada tahun 2012 yang mengamati 633 orang dengan asam urat menemukan bahwa makan ceri selama 2 hari dapat menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen. Hal ini berlaku jika dibandingkan dengan pengidap asam urat yang tidak makan ceri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)