Tips Menghangatkan Nasi di Rice Cooker Agar Tidak Mudah Basi

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 09:51 WIB
loading...
Tips Menghangatkan Nasi di Rice Cooker Agar Tidak Mudah Basi
Beras berkualitas bila dimasak tidak bikin nasi cepat basi. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Kebanyakan masyarakat Indonesia memasak nasi sehari sekali dan dilakukan setiap pagi. Nasi yang sudah matang pun akan digunakan untuk makan siang dan malam. Nah, agar menjaga nasi tetap hangat saat disantap, mereka pun menghangatkannya di rice cooker.

Meski terdengar modern dan praktis, ternyata menghangatkan nasi di rice cooker pun tak luput dari masalah. Alih-alih menghasilkan nasi yang hangat dan lezat, terkadang nasi justru bisa basi. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut adalah tips menghangatkan nasi di rice cooker agar tidak mudah basi yang bisa Anda lakukan.

Cuci beras hingga bersih

Cuci beras hingga bersih, air yang keruh bisa jadi pertanda bahwa masih ada kotoran pada beras yang bisa menyebabkan timbulnya bakteri dan berpotensi membuat nasi yang sudah matang mudah basi.



Jangan membuka rice cooker saat masak nasi

Proses memasak nasi dengan rice cooker sangat tergantung dari uap yang terbentuk di dalam panci rice cooker. Jika tutup dibuka, uap akan keluar dan bisa mengakibatkan nasi tidak matang sempurna.

Pastikan bagian bawah pada wadah rice cooker yang akan digunakan dalam keadaan kering sebelum memasak nasi. Buka tutup rice cooker ketika nasi sudah mulai tanak agar uap air tidak jatuh kedalam nasi dan membuat nasi cepat basi.

Rice cooker berkualitas baik umumnya memiliki dasar panci yang tebal. Dasar panci yang tebal akan menahan dan mendistribusikan panas dengan lebih baik. Jangan sampai ada elemen yang rusak seperti, penutupnya yang kendor atau tombol cook dan warm yang tidak dapat bekerja dengan baik.



Perhatikan kualitas beras

Pemilihan produk beras yang dimasak juga berpengaruh terhadap kualitas nasi. Karenanya, pastikan Anda menggunakan beras berkualitas premium seperti Beras Keluarga Bijak (BKB). Beras Keluarga Bijak (BKB) diproses menggunakan mesin modern dengan racikan khusus, dengan standar di atas Peraturan Menteri Pertanian (Permentan). Sehingga menghasilkan rasa yang enak.

Beras Keluarga Bijak (BKB) merupakan beras kualitas atas harga pantas. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir soal harga. Terlebih kalau belinya di AladinMall by Mister Aladin, ada tambahan diskon 10%! plus gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia.

Selain itu, Beras Keluarga Bijak (BKB) juga sudah bekerjasama dengan distributor-distributor seperti:
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4480 seconds (0.1#10.140)