Jarang Diketahui, Ini 7 Rempah Penurun Kolesterol yang Sering Dipakai di Dapur

Senin, 15 Agustus 2022 - 14:01 WIB
loading...
Jarang Diketahui, Ini 7 Rempah Penurun Kolesterol yang Sering Dipakai di Dapur
Sedikitnya ada tujuh rempah penurun kolesterol yang perlu diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh rempah penurun kolesterol yang perlu diketahui. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi pada tubuh bisa menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan , termasuk jenis penyakit berbahaya seperti stroke hingga penyakit jantung.

Dalam pengertiannya, kolesterol bisa diartikan sebagai zat sejenis lemak yang diproduksi oleh organ hati. Karena berupa lemak, kolesterol ini tidak bisa larut dalam air. Dia mengalir ke seluruh tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.

Baca juga : 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Sebagai langkah pencegahan munculnya penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi, ada beberapa jenis rempah yang diketahui bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Berikut tujuh rempah penurun kolesterol yang bisa dicoba :

1. Lada Hitam

Bagi sebagian orang, lada hitam kerap disebut sebagai rajanya rempah-rempah. Selain bisa digunakan dalam berbagai masakan, jenis rempah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dalam hal ini, lada hitam merupakan sumber antioksidan yang bisa membantu tubuh agar tetap sehat. Hal ini memungkinkan tubuh dapat memecah sel-sel lemak dan telah terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol.

2. Kayu Manis

Kayu manis merupakan jenis rempah yang berasal dari kulit bagian dalam spesies pohon seperti genus Cinnamomum. Dikutip dari laman Thorne, kayu manis memiliki antioksidan kuat dan sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1788 seconds (10.55#12.26)