HUT ke-77 RI, 4 Warga Laos dan Mahasiswa UI Sukses Bawakan Tarian Betawi di KBRI Vientiene Laos

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 11:40 WIB
loading...
HUT ke-77 RI, 4 Warga Laos dan Mahasiswa UI Sukses Bawakan Tarian Betawi di KBRI Vientiene Laos
HUT ke-77 RI, 4 warga Laos dan mahasiswa UI sukses bawakan tarian Betawi di KBRI Vientiene Laos. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 RI digelar bertepatan dengan 65 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Laos.

Pada perayaan ini, seorang mahasiswa Prodi Komunikasi Universitas Indonesia (UI), Aisya Jenina Albayroni bersama empat warga setempat berhasil memukau pengunjung acara dengan membawakan tarian Sirih Kuning asal Betawi di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Vientiane, Laos.

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI), DR. Rachma Fitriati, M.Si mengatakan, sejalan dengan Program Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

"Menurut Dirjen Dikti Kemendikbud, sejatinya, para mahasiswa yang saat ini belajar di Perguruan Tinggi, harus disiapkan menjadi pembelajar sejati yang terampil, lentur, dan ulet (agile learner). Kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan," ujar Rachma di Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga: Begini Cara Membuat Ayam Goreng Laos, Gampang Banget

Rachma Fitriati menambahkan, Mahasiswa UI yang sedang melaksanakan Program Magang Mandiri tersebut, sesungguhnya melaksanakan Kebijakan MBKM dalam arti yang sesungguhnya.

Dia berani keluar dari zona nyaman dengan belajar survive untuk melakukan Magang Mandiri di luar negeri. Berkali-kali, Mas Menteri menyampaikan, pembelajaran dapat terjadi di mana pun.

“Semesta belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium, tetapi juga bisa di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat, termasuk di KBRI Vientiane Laos ini,” katanya.

Kebijakan ini merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Oleh karena itu, pihaknya sangat menyambut baik kesediaan Duta Besar RI untuk Republik Demokratik Rakyat Laos, H.E. Pratito Soeharyo, untuk memberikan kesempatan pada Mahasiswa UI untuk Magang Mandiri di KBRI Vientiane, Laos.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3113 seconds (10.177#12.26)