5 Seafood Rendah Kolesterol yang Aman Dikonsumsi

Senin, 22 Agustus 2022 - 14:24 WIB
loading...
A A A
Kadar kolesterol yang ada dalam ikan tuna sekitar 30 mg totalnya. Ikan ini merupakan salah satu seafood yang memiliki kadar kolesterol terendah dan hanya memiliki 1 gram lemak saja.

American Heart Association (AHA) juga merekomendasikan ikan tuna terutama yang berjenis sirip biru karena memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Ikan ini pun tidak memiliki kandungan lemak jenuh sehingga aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.



3. Kerang, Remis, atau Tiram

Kerang atau tiram ini menurut Healthy Eating, sebaiknya dimakan mentah karena mengandung 26 atau 34 miligram kolesterol masing-masing dalam satu porsi 3 ons. Jumlah masing-masing meningkat jika dikukus, yaitu sekitar 57 miligram kolesterol untuk kerang dan 67 miligram untuk tiram.

Sementara remis, satu porsi 3 ons kerang kukus mengandung 37 miligram kolesterol, namun apabila dikukus jumlahnya akan naik menjadi 48 miligram. Mengonsumsi seafood ini akan aman bagi penderita kolesterol karena memiliki kadar lemak jenuh yang rendah.

4. Makarel

Menurut AHA, ikan makarel juga menjadi salah satu yang direkomendasikan sebagai jenis seafood yang kaya akan omega 3 serta baik untuk kesehatan jantung dan kecerdasan otak.

Ikan makarel dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah serta mampu memperkuat tulang. Ini dikarenakan ikan tersebut memiliki banyak kandungan protein dan zat gizi mikro dengan jumlah kalori yang rendah. Secara khusus, ikan makarel sangat tinggi vitamin B12, selenium, niacin, dan fosfor.

5. Sarden
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)