4 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Dunia, Bikin Betah Liburan

Rabu, 31 Agustus 2022 - 15:04 WIB
loading...
A A A
2. Brussels, Belgia

4 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Dunia, Bikin Betah Liburan

Foto/Getty Images

Selanjutnya, ada kota Brussles di Belgia dengan indeks kualitas udara tiga. Sama seperti Sydney, masyarakat di kota Brussels didorong untuk banyak beraktivitas di luar rumah agar bisa menikmati udara bersih. Kualitas udara memang menjadi hal yang sangat diprioritaskan di kota ini. Travel Tomorrow menyebut sebuah kampanye bernama Brussels for Clean Air diluncurkan di awal 2022 oleh ECAS (European Citizen Action Service) untuk meningkatkan kualitas udara Brussels.

Pada kampanye ini, masyarakat Brussels diajak untuk menyadari pentingnya kebersihan udara agar tidak mengusik kesehatan. Sebab, berdasarkan survei yang sebelumnya sudah dilakukan, warga Brussels sangat prihatin dengan adanya polusi udara lantaran bisa membahayakan kesehatan. Beberapa responden bahkan mempertimbangkan untuk pindah ke kota lain jika polusi udara di Brussels meningkat.

Sejak 2021, pemerintah Brussels sebenarnya sudah sangat gencar menyuarakan penekanan polusi dan pemeliharaan kualitas udara. Informasi yang dilansir dari The Brussels Times memaparkan, pemerintah kota itu mempercepat pelaksanaan langkah-langkah penting seperti penguatan zona rendah emisi.


3. Berlin, Jerman

4 Kota dengan Kualitas Udara Terbaik di Dunia, Bikin Betah Liburan

Foto/Getty Images

Masih dari Eropa, Kota Berlin di Jerman berhasil masuk dalam jajaran kota berudara paling bersih di dunia. Disebutkan IQAir, indeks kualitas udara di Berin adalah empat yang berarti baik. Kebersihan udara di Berlin sebenarnya adalah sebuah prestasi tersendiri bagi pemerintahnya.

Sebab, kota ini dikenal memiliki masalah udara yang sangat serius di era 1970-an dan 1980-an dengan tingkat kabut asap yang sangat tinggi. Memasuki era 2000-an, Berlin didera masalah serius terkait polusi.

Sejak saat itu, pemerintah terus berusaha keras menekan angka polusi dengan mengizinkan digunakannya kendaraan rendah emisi. Saat ini, Berlin telah berubah menjadi kota yang lebih baik dengan kualitas udara terjaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)