5 Manfaat Biji Chia Bagi Kesehatan, Nomor 4 Tak Disangka

Minggu, 04 September 2022 - 15:50 WIB
loading...
5 Manfaat Biji Chia Bagi Kesehatan, Nomor 4 Tak Disangka
Manfaat biji chia bagi kesehatan wajib Anda ketahui. Sebab, biji chia yang berukuran kecil ini sangat kaya nutrisi. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Manfaat biji chia bagi kesehatan wajib Anda ketahui. Sebab, biji chia yang berukuran kecil ini sangat kaya nutrisi .

Biji chia sendiri merupakan benih tanaman Salvia hispanica yang berasal dari Meksiko Tengah dan Selatan. Biji ini telah dipuji karena manfaat kesehatannya selama berabad-abad.

Antioksidan, mineral, serat, dan asam lemak omega-3 dalam biji chia dapat meningkatkan kesehatan jantung, mendukung tulang yang kuat, dan meningkatkan manajemen gula darah.

Terlebih lagi, biji chia serbaguna dan dapat digunakan dalam banyak resep. Berikut 5 manfaat biji chia untuk kesehatan, sebagaimana dirangkum dari Healthline, Minggu (4/9/2022).



1. Bergizi tinggi
Meskipun ukurannya kecil, biji chia sangat bergizi. Biji chia dikemas dengan serat, protein, asam lemak omega-3, dan berbagai mikronutrien. Satu porsi biji chia kering dapat memiliki sekitar 138 kalori, 5 gram protein, 10 gram serat, 12 gram karbohidrat, dan 9 gram lemak, di mana 8 gram di antaranya adalah lemak sehat jantung. Terlepas dari semua nutrisi itu, biji chia juga kaya akan vitamin A, B, E, dan D bersama dengan mineral seperti zat besi, yodium, tembaga, magnesium, niacin, dan tiamin.

2. Sarat dengan antioksidan
Biji chia mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan bermanfaat bagi kesehatan manusia karena dapat menetralkan molekul reaktif yang dikenal sebagai radikal bebas, yang dapat merusak senyawa sel jika menumpuk di tubuh. Antioksidan spesifik dalam biji chia termasuk asam klorogenat, asam caffeic, myricetin, quercetin , dan kaempferol. Ini semua dapat memberi perlindungan pada jantung dan hati Anda, serta sifat antikanker.

3. Menurunkan berat badan
Biji chia mengandung protein dan serat yang tinggi, keduanya telah terbukti membantu penurunan berat badan. Satu ons (28 gram) biji chia memiliki hampir 10 gram serat makanan. Beberapa penelitian menunjukkan, makan serat dapat berperan dalam mencegah kelebihan berat badan dan obesitas. Selain itu, protein dalam biji chia dapat membantu mengurangi nafsu makan dan asupan makanan.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung
Biji chia mengandung serat dan omega-3 yang tinggi. Itu dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi ALA, asam lemak omega-3 dalam biji chia, juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menemukan, suplemen biji chia secara signifikan mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi, atau tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit jantung.

5. Mengandung banyak nutrisi tulang yang penting
Biji chia mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, antara lain kalsium, fosfor, magnesium. Selain itu, ALA dalam biji chia dapat berperan dalam kesehatan tulang. Semua nutrisi ini telah dikaitkan dengan peningkatan kepadatan mineral tulang.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)