Penyebab Kondom Tersangkut dalam Miss V, Dokter Sebut Mr P Mendadak Loyo

Senin, 26 September 2022 - 18:08 WIB
loading...
Penyebab Kondom Tersangkut dalam Miss V, Dokter Sebut Mr P Mendadak Loyo
Kejadian kondom tersangkut di dalam Miss V bukan sesuatu hal yang mustahil, meski demikian kasus tersebut bisa saja terjadi. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Kejadian kondom tersangkut di dalam Miss V bukan sesuatu hal yang mustahil terjadi, meski kasusnya relatif jarang. Namun demikian penting bagi para pria untuk mengenal penggunaan kondom yang tepat, karena benda tersebut menentukan keamanan dan kenikmatan seks bersama pasangan.

Dikutip dari laman Health, Senin (26/9/2022), kondom tersangkut di dalam Miss V adalah kejadian langka. Sekalipun terjadi, angkanya sangat kecil. Pola penyebab diketahui akibat dari ketidakcocokan kondom dengan ukuran Mr P.

"Kasus seperti ini jarang sekali terjadi," jelas dr Alyssa Dweck, Dokter Obgyn yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat dan Membersihkan Miss V? Begini Saran Dokter

Penyebab paling umum dari kejadian kondom tersangkut di dalam Miss V adalah ketika Mr P mendadak loyo saat senggama berlangsung. Ukuran Mr P yang tetiba mengecil membuat kondom berisiko terlepas di dalam Mis V.

"Jika Mr P kehilangan ereksinya saat berhubungan seks, kondom bisa terlepas atau terjebak di dalam Miss V. Pada kebanyakan kasus, kondom sulit untuk diambil kembali," terang dr Dweck yang juga penulis buku berjudul 'The Complete A to Z for Your V'.

"Nahasnya, kejadian kondom nyangkut di dalam Miss V ini bisa terjadi tanpa disadari pihak perempuan. Alhasil, kondom benar-benar ada di dalam sana dalam beberapa hari, terlebih jika si pria pun tidak jujur akan hal tersebut," tambahnya.

Apakah ada tanda-tanda kondom tersangkut di dalam Miss V?

Dijelaskan dr Dweck, kondom yang tertinggal di dalam Miss V tidak begitu berbahaya. Beda kasus jika tampon tersangkut di dalam Miss V.

"Kondom yang tersangkut di dalam Miss V biasanya hanya menimbulkan reaksi gatal atau tidak nyaman di area Miss V," ungkapnya. Kalau benar-benar dibiarkan, itu bisa memicu infeksi Miss V juga.

Kapan gejala ini mulai bisa dirasakan si perempuan?

Menurut dr Dweck, soal waktu akan sangat berbeda-beda antara satu perempuan dengan perempuan lain. Namun, pada intinya ketika ada benda asing di dalam tubuh, akan ada reaksi yang muncul.

"Selain rasa gatal atau tidak nyaman, bisa juga menyebabkan sensasi 'mati rasa' pada area sekitar Miss V. Tak hanya itu, infeksi bisa saja mulai terjadi ketika gejala ini baru muncul dalam beberapa hari setelah kejadian," ungkapnya.

Lantas, apa tips yang disarankan agar kejadian seperti ini tidak terjadi?

Penting bagi si pria untuk memakai kondom dengan benar. Selain itu, Nemours Teen Health menyarankan agar pilih ukuran kondom yang pas.

"Pilih kondom yang ukurannya pas, jangan kekecilan karena tidak nyaman saat bersenggama, ataupun kebesaran karena memicu lepasnya kondom di dalam Miss V karena longgar," terangnya.

"Pakai kondom juga saat Mr P ereksi. Pastikan semua bagian Mr P terselimuti, bukan hanya sebagian atau ujungnya doang. Sebab, ini memungkinkan kondom terlepas di dalam Miss V," tambah laporan tersebut.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah saat Anda, prianya, menyadari bahwa Mr P tak lagi tegang atau sensasi ereksi mulai 'kendor', pastikan pegang ujung kondom sebelum melepaskan Mr P dari Miss V.

Ini artinya, jangan kemudian Anda cabut Mr P begitu saja, karena ada kemungkinan kondom menjadi longgar dan ini memicu tertinggalnya kondom di dalam Miss V.

"Pertimbangkan juga untuk menggunakan pelumas di luar kondom, karena itu bisa membuat kondom terasa lebih fleksibel saat berhubungan seks. Kondom yang terlalu kering juga memicu risiko terlepasnya kondom di dalam Miss V," saran laporan tersebut.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1160 seconds (10.177#12.26)