Pesan dan Kritik Sosial Jamrud lewat Single Terbaru Autopsi

Jum'at, 30 September 2022 - 18:28 WIB
loading...
Pesan dan Kritik Sosial Jamrud lewat Single Terbaru Autopsi
Grup band Jamrud merilis single terbaru bertajuk Autopsi pada hari ini, Jumat (30/9/2022). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Grup band Jamrud merilis single terbaru bertajuk Autopsi pada hari ini, Jumat (30/9/2022). Single yang merupakan hasil kolaborasi Jamrud dengan SRN Entertainment itu memberi pesan kepada orang-orang untu menjauhi narkoba.

Single Autopsi yang terdapat dalam album Perspektive Jamrud memiliki makna yang sangat dalam bagi para personel band tersebut, terutama bagi sang gitaris, Azis MS. Lagu itu pun tercipta berdasarkan kejadian yang dialami para anggota Jamrud.

Autopsi mengisahkan tentang penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Inti pesannya terdapat pada bagian reff yang berlirik “nafas terakhirmu bawa cerita pilu, sisakan tanda tanya untukku”. Lirik tersebut mengungkapkan soal rekan satu
band Azis di Jamrud yang meninggal karena narkoba. Diketahui, Jamrud pernah kehilangan dua personelnya, yaitu Fitrah dan Sandi.

Sebenarnya, lagu yang menyoal tentang penggunaan narkoba ini sudah dibuat oleh Azis sejak bandnya masih bersama. “Lo ngapain sih masih gunain itu? Kita kan udah komitmen, kenapa kalian masih nyolong-nyolong,” kata Azis saat menceritakan masa lalunya.

Tiap kali Aziz teringat pada dua rekannya itu, selalu tercipta lagu dan mengalir dalam pembuatan liriknya. Azis menambahkan, ada 5-6 lagu yang sejenis Autopsi yang sudah dibuatnya, namun beda part ceritanya saja.

Azis juga berharap ada pihak yang ‘tersindir’ dari lagu-lagu tersebut secara positif. Lagu ini juga diharapkan menjadi kritik sosial namun secara halus. Jamrud, kata Aziz, tidak ingin munafik dan terkesan mengajari orang lain.

Azis menyatakan bahwa Jamrud setiap merilis lagu tidak ingin mengarahkan opini orang lain, melainkan membiarkan mereka memiliki persepsi dan penangkapan masing-masing.

Selain itu, Autopsi juga dapat dikaitkan dengan peristiwa kehilangan atau kematian yang masih menyisakan tanda tanya untuk seseorang atau di masyarakat. Selain itu, lagu ini bisa menceritakan tentang seseorang yang ditinggal pergi oleh orang-orang terdekatnya.

“Kita melihat lagu Autopsi relate dengan kehidupan orang-orang di luar sana, terutama pada bagian reff, yang memberikan tanda tanya. Kita berharap lirik lagu tersebut dapat dinikmati dan dipahami oleh para pendengar Jamrud,” pungkas Andi selaku Head of Label SRN Entertainment.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)