5 Cara Bedakan Pegal-Pegal karena Rematik dengan Asam Urat

Selasa, 04 Oktober 2022 - 16:50 WIB
loading...
A A A
Berbeda dengan asam urat, pegal-pegal yang timbul karena rematik atau yang dalam dunia medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) bukan disebabkan oleh zat purin yang terlalu tinggi, melainkan ketidaknormalan imun tubuh atau dengan kata lain disebut sebagai penyakit autoimun.

Perbedaan lain, asam urat biasanya dialami oleh pria, sedangkan rematik lebih banyak dialami oleh wanita. Karena penyebab di antara keduanya pun berbeda, maka jangan sampai Anda salah tangkap.

Cara Bedakan Pegal Biasa dengan Asam Urat

Nah, agar tak salah terka, Anda perlu mengetahui perbedaan nyeri sendi yang muncul antara asam urat dan pegal biasa karena rematik.

Penderita asam urat dan rematik kerap sulit membedakan gejala keduanya, hal ini disebabkan sensasi rasa nyeri dan juga pembengkakan pada area sendi. Namun, beda penyebab, tentu ada pula perbedaan pada sensasi nyerinya. Berikut ini perbedaannya:

1. Nyeri asam urat tidak tersebar di beberapa wilayah tubuh, sedangkan nyeri pada rematik bisa lebih menyebar, karena rematik merupakan penyakit autoimun. Menurut dr. Resthie, rematik juga dapat menyerang organ tubuh lain seperti kulit, mata, jantung, paru, dan ginjal.

2. Nyeri sendi pada asam urat umumnya timbul mendadak, yakni sekalinya nyeri timbul akan langsung terasa sakit sekali. Sedangkan pada rematik, nyerinya muncul secara perlahan, dari nyeri yang biasa saja hingga nyeri yang tak tertahankan.

3. Bagian yang pertama kali terasa nyeri pada asam urat adalah ibu jari kaki. Pada rematik, sendi yang pertama kali terkena adalah sendi-sendi kecil, seperti sendi jari tangan.

4. Penderita rematik biasanya kerap merasa matanya selalu kering, terasa nyeri, dan sensitif terhadap cahaya. Mereka juga memiliki napas yang pendek karena adanya masalah pada paru-paru.

5. Saat diraba, bengkak pada sendi akibat asam urat akan cenderung hangat, sedangkan rematik tidak menimbulkan sensasi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2517 seconds (0.1#10.140)