Studi: Kesepian Meningkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kamis, 06 Oktober 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Ini ditanyakan sebagai bagian dari HUNT3 dan peserta dapat memilih salah satu dari tiga jawaban: 'tidak pernah atau jarang', 'kadang-kadang' dan 'beberapa kali seminggu'. Dari 24.024 orang, 1.179 (4,9 persen) mengembangkan diabetes tipe 2 selama penelitian (1995-2019).

Orang-orang ini lebih cenderung laki-laki (59 persen vs 44 persen) dan memiliki usia rata-rata lebih tinggi (48 tahun vs 43 tahun) dibandingkan mereka yang tidak menderita diabetes tipe 2. Mereka juga lebih mungkin untuk menikah (73 persen vs 68 persen) dan memiliki tingkat pendidikan terendah (35 persen vs 23 persen). Perasaan kesepian dilaporkan oleh 13 persen peserta.

Studi ini menemukan bahwa tingkat kesepian yang lebih tinggi pada awal sangat terkait dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi ketika diukur 20 tahun kemudian. Setelah disesuaikan untuk usia, jenis kelamin dan tingkat pendidikan, mereka menemukan bahwa peserta yang menjawab ‘sangat' ketika ditanya merasa kesepian dua kali lebih mungkin mengembangkan penyakit ini.

Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa hubungan ini tidak diubah oleh adanya depresi, insomnia saat tidur atau insomnia terminal, meskipun peneliti menemukan bukti hubungan dengan insomnia. Meski penelitian tidak memeriksa mekanisme pasti yang terlibat, namun ditemukan bahwa dukungan sosial, pengaruh dan keterlibatan mungkin memiliki efek positif pada perilaku yang mempromosikan kesehatan.

Baca Juga: 3 Jenis Ikan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2, Jangan Keseringan Dikonsumsi

Misalnya, saran dan dukungan dari seorang teman dapat memengaruhi pilihan terkait kesehatan seseorang dan secara positif memengaruhi pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan perasaan stres mereka secara keseluruhan.

Ikatan sosial yang lebih sedikit dan kurangnya pengaruh positif ini dapat membuat orang yang kesepian lebih rentan terhadap perilaku yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Para peneliti menyarankan bahwa kesepian harus dimasukkan dalam pedoman klinis yang berkaitan dengan diabetes tipe 2.
(dra)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3546 seconds (11.210#12.26)