Danone Distribusikan Bantuan buat Ibu Kantin Sekolah di Empat Kota

Sabtu, 04 Juli 2020 - 23:32 WIB
loading...
Danone Distribusikan Bantuan buat Ibu Kantin Sekolah di Empat Kota
Dengan berkurangnya kegiatan belajar mengajar di sekolah, penghasilan para pengelola kantin Sekolah Generasi Maju juga menurun. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Berbagai protokol kesehatan perlu dipatuhi masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia, salah satunya anjuran melakukan kegiatan dari rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar. Bagi para Pengelola Kantin Sekolah Generasi Maju binaan Danone Specialized Nutrition Indonesia, hal tersebut juga berarti terhambatnya kegiatan ekonomi yang selama ini menjadi sumber pemasukannya.

(Baca juga: Hidung Tersumbat Bisa Menjadi Gejala Baru Covid-19 )

Marketing Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Julie Jones mengungkapkan sejak 2010, Danone SN Indonesia melalui Sarihusada rutin melakukan binaan kepada ratusan pengelola kantin di sejumlah Sekolah Dasar di Indonesia, mulai dari edukasi pengelolaan keuangan hingga pemberian gizi seimbang pada menu makan di kantin.

"Dengan berkurangnya kegiatan belajar mengajar di sekolah , penghasilan para pengelola kantin juga menurun. Sehingga, kami bekerjasama dengan para mitra untuk membantu 234 perempuan penggiat kantin sehat di Ambon, Bandung, Bogor, dan Yogyakarta," ujar Julie melalui pernyataan tertulisnya, Sabtu (4/7).

Para ibu pengelola kantin memiliki peran besar dalam menyediakan pilihan asupan nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar anak-anak di sekolah . Di antara 234 anggota pengelola kantin yang aktif, 99% di antaranya mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi. Sementara, pengelola kantin ini tidak hanya berperan kepada kesehatan anak-anak di sekolah, tetapi juga memiliki tanggung jawab dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi anak dan keluarga masing-masing di rumah.

Bersama Danone Ecosystem Fund dan Yayasan Lumbung Pangan Indonesia, Danone SN mendistribusikan dukungan senilai total lebih dari Rp1 miliar dalam bentuk bantuan langsung tunai, pasokan makanan pokok dalam bentuk e-voucher untuk membeli kebutuhan pemenuhan nutrisi keluarga dan keperluan lainnya. Bantuan yang diberikan selama 3 bulan periode program ini dinilai sebagai hal yang paling tepat guna bagi para ibu pengelola kantin.

Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Foodbank of Indonesia), Wida Septarina Wijayanti menyampaikan bahwa penggiat kantin sehat yang kebanyakan adalah para ibu memang perlu mendapatkan dukungan untuk bangkit setelah pandemi agar para ibu dapat terus menyediakan makanan sehat kepada anak-anak .

"Ketiadaan aktivitas tatap muka di sekolah telah memberikan dampak ekonomi yang besar bagi para ibu penggiat kantin sehat. Kami menyambut baik dan mendukung inisiatif Danone SN Indonesia yang terus memberikan dukungan kepada para ibu dengan memberikan pembinaan dalam hal modal usaha, pengelolaan usaha, edukasi nutrisi, dan bantuan lain," tutur Wida.

Pada kesempatan yang sama, salah satu Pengelola Kantin Sekolah Generasi Maju di Yogyakarta, Sriyati menyambut baik bantuan yang diberikan di tengah pandemi ini. "Saya merasa bersyukur dengan adanya bantuan ini karena sangat membantu untuk kebutuhan rumah tangga dan modal usaha. Saya berharap, semoga Program Kantin Sekolah Generasi Maju terus berjalan dan mendampingi kami sampai sekolah masuk kembali," ungkapnya.

(Baca juga: 8 Band Metal dengan Instrumen Terunik dari Seluruh Dunia )

Sementara itu, program Kantin Sekolah Generasi Maju dimulai sejak November 2010 dengan nama Warung Anak Sehat. Hingga 2018, program ini telah memberdayakan 350 ibu kantin, yang 72% di antaranya mendapatkan peningkatan pendapatan sebanyak lebih dari 50%. Selain itu, kenaikan pendapatan yang diperoleh para ibu pengelola kantin ini juga telah memberikan manfaat kepada 1.092 anggota keluarganya.

Beberapa tahun terakhir, edukasi kepada ibu pengelola kantin fokus kepada diskusi, forum berbagi pengalaman, dan edukasi melalui digital, serta pendampingan tatap muka. "Program ini bertujuan untuk membantu mengentaskan tantangan nutrisi anak-anak di Indonesia melalui jaringan pengelola kantin yang menawarkan menu nutrisi seimbang bagi anak-anak berusia sekolah dasar," tutup Julie Jones.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)