6 Bahaya Makan Mie Instan Berlebihan, Anda Harus Tahu!

Minggu, 16 Oktober 2022 - 09:48 WIB
loading...
A A A


3. Gangguan Ginjal

Tak hanya tekanan darah tinggi, kandungan garam berlebih yang ada dalam mie instan juga dapat menyebabkan gangguan ginjal, apalagi jika mie instan dikonsumsi secara berlebih.

Jika fungsi ginjal sudah terganggu, maka natrium dan cairan di dalam tubuh bisa terus menumpuk. Hal ini dapat memicu terjadinya pembengkakan pada kaki serta menumpuknya cairan di sekitar jantung dan paru-paru.

4. Diabetes

Tak hanya kandungan garam berlebih, mie instan juga mengandung kadar gula dan karbohidrat yang tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut berasal dari olahan tepung terigu yang telah mengalami proses penggilingan, penghalusan, dan pemutihan.

Olahan tepung terigu inilah yang memaksa pankreas melepaskan insulin dengan cepat, padahal seharusnya memerlukan waktu lama untuk melepas insulin setelah makan mie instan. Hal ini dapat memicu risiko penyakit diabetes, atau jika untuk penderita diabetes, bisa membuat penyakit diabetes semakin memburuk.

5. Malnutrisi

Mie instan tidak cukup untuk mengisi nutrisi pada tubuh, sehingga jika terlalu sering mengonsumsinya, maka tubuh akan kekurangan nutrisi. Hal ini dapat menyebabkan pola makan yang buruk, kondisi pencernaan terganggu, dan sebagainya. Meski mengenyangkan, nilai gizi yang masuk ke dalam tubuh hanya sedikit.

6. Obesitas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)