Kemenkes Temukan Senyawa Berpotensi Akibatkan Gangguan Ginjal Akut dalam Obat Sirup

Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:56 WIB
loading...
Kemenkes Temukan Senyawa Berpotensi Akibatkan Gangguan Ginjal Akut dalam Obat Sirup
Kemenkes menemukan senyawa yang berpotensi akibat gangguan ginjal akut di dalam obat sirup. Temuan ini berdasarkan pemeriksaan sisa sampel obat pasien. Foto/White Sands Treatment Center
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan senyawa yang berpotensi akibat gangguan ginjal akut di dalam obat sirup . Temuan ini berdasarkan pemeriksaan sisa sampel obat yang dikonsumsi pasien.

Berdasarkan temuan tersebut, Kemenkes bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menelusuri dan meneliti kemungkinan penyebab tersebut. Faktor risiko lainnya juga sedang diteliti.

"Dalam pemeriksaan sampel sisa obat pasien, sementara ini ditemukan jejak senyawa berpotensi mengakibatkan gangguan ginjal akut," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/10/2022).

Sembari menanti hasil penelitian, Kemenkes mengimbau kepada dokter agar tidak meresepkan obat dalam bentuk cair. Pelarangan ini sampai pemerintah menemukan pasti penyebab gangguan ginjal akut.



"Langkah ini diambil karena adanya dugaan yang sedang diteliti demi menyelamatkan anak-anak dari kondisi yang lebih berat," jelas Syahril.

Di sisi lain, Kemenkes juga meminta seluruh apotek untuk sementara ini tidak menjual obat bebas atau obat bebas terbatas dalam bentuk sirup kepada masyarakat. Masyarakat juga diimbau tidak sembarangan mengonsumsi obat.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengonsumsi obat cair atau sirup tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan tenaga kesehatan," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2235 seconds (0.1#10.140)