Apakah Operasi Katarak dengan Lensa Artifisial Bisa Pulihkan Penglihatan?

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:22 WIB
loading...
Apakah Operasi Katarak dengan Lensa Artifisial Bisa Pulihkan Penglihatan?
Dokter spesialis mata konsultan dari JEC, DR. Dr. Johan A. Hutauruk, SpM( K) raih gelar Doktor dari Universitas Gadjah Mada. Foto/Dok pribadi
A A A
JAKARTA - Katarak atau kekeruhan lensa mata adalah penyebab utama kebutaan di dunia dan Indonesia. Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) menyebutkan bahwa pada 2020, 8 juta orang di Tanah Air mengalami gangguan penglihatan, dengan 81,2 persen di antaranya disebabkan oleh katarak.

“Operasi katarak menjadi pilihan utama untuk memulihkan penglihatan, tetapi pertanyaan di atas akan sering ditanyakan oleh pasien. Dan dokter mata berusaha mencari faktor yang mempengaruhi kualitas penglhatan,” ungkap DR. Dr. Johan A. Hutauruk, SpM (K), Spesialis Mata Kornea, Katarak dan Bedah Refraktif JEC, sekaligus Presiden Direktur JEC Korporat.

Kondisi itulah yang melandasi DR. Dr. Johan A. Hutauruk, SpM (K) untuk menggagas penelitian secara mendalam yang memahami perbedaan kualitas penglihatan antara pasien pseudofakia usia lanjut dengan pasien dewasa muda normal (yang belum melakukan tindakan operasi katarak).

Kelompok pasien dewasa muda dijadikan pembanding (kelompok kontrol) lantaran dianggap berada pada fase usia dengan kualitas penglihatan terbaik. Kedua kelompok memiliki mata dengan indeks visus 6/6 (standar penglihatan yang setara 100 persen, berdasarkan pemeriksaan menggunakan Snellen Chart).

Baca Juga : 8 Olahraga yang Paling Mudah Dilakukan, Nomor 7 Banyak Digemari Anak

Meskipun penglihatan sangat baik, kedua kelompok diminta mengisi kuesioner adanya gangguan penglihatan seperti sering silau, berkabut, melihat lingkaran pada lampu (haloes), dan juga dilakukan serangkaian pemeriksaan dengan alat diagnostic yang canggih untuk mengukur lebar pupil, kelengkungan kornea dan adanya aberasi penglihatan (higher-order aberration).

Pemeriksaan objektif, seperti Snellen Chart, tidak bisa mendeteksi adanya gangguan penglihatan yang dikeluhkan pasien tersebut. Karenanya, penelitian ini tidak berhenti pada perbedaan kualitas penglihatan antara kedua kelompok, tetapi juga mengetahui komponen optikal yang turut memengaruhi.

Penelitian ini selaras dengan visi JEC Eye Hospitals & Clinics sebagai eye care leader di Indonesia untuk mengoptimalkan penglihatan dan kualitas hidup masyarakat di Tanah Air.

RS Mata JEC memiliki peralatan diagnostic yang sangat lengkap untuk mengukur berbagai komponen optikal yang mempengaruhi kualitas penglihatan, seperti pengukuran diameter pupil dalam cahaya terang (photopic) ataupun temaram (mesopic), kelengkungan kornea, kualitas air mata secara non invasif (NIKBUT), serta alat wavefront analyzer untuk melihat adanya aberasi optikal (higher order aberration).

Salah satu temuan penelitian memperlihatkan nilai lapisan air mata dengan pengukuran NIKBUT (Non Invasive Keratograph Break-up Time) sebesar 9,93 detik - dan dianggap sebagai nilai kritis, dimana pasien mengalami keluhan gangguan penglihatan secara subjektif dan dibuktikan dengan wavefront analyzer terjadinya peningkatan aberasi optikal (higher order aberration) padahal tidak ada keluhan mata kering.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)