7 Tips Memilih Semangka yang Manis agar Tak Kecewa usai Dibeli

Rabu, 09 November 2022 - 10:02 WIB
loading...
A A A


3. Periksa Batangnya

Untuk memilih semangka yang matang, Anda bisa memeriksa batangnya. Semangka yang matang memiliki tanda batang berwarna kuning kecokelatan. Sedangkan batang berwarna hijau menandakan bahwa semangka belum matang dan tak terlalu manis.

4. Ketuk Bagian Tertentu pada Semangka

Mengetuk semangka pada bagian tertentu dapat membantu Anda memilih yang terbaik. Pertama, ketuk buah dengan lembut dan dengarkan suaranya. Jika nada terdengar dalam dan hampa, buah tersebut memiliki lebih banyak air dan kemungkinan lebih matang.

Sebaliknya, jika ketukan Anda terdengar lebih tinggi dan lebih padat, itu menandakan buah belum sepenuhnya matang ke kondisi optimalnya.

5. Lihat Apakah Ada Bintik

Bintik-bintik pelapukan kering dan garis anyaman seperti pembuluh darah adalah indikator bagus dari semangka yang ekstra manis. Bintik-bintik ini menunjukkan di mana gula telah merembes keluar dari buah. Jadi, pastikan untuk memeriksa semua sisi semangka.

6. Pilih Ukuran yang Paling Berat

Cobalah untuk mengangkat semangka yang sudah Anda tentukan. Saat diangkat, semangka akan terasa lebih berat dari yang terlihat. Semakin padat ukurannya, semakin tinggi kadar airnya, menghasilkan semangka yang lebih manis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)