Ini Alasan Ilmiah Kenapa Pemain Sepakbola Sering Meludah ketika Bertanding

Sabtu, 26 November 2022 - 22:58 WIB
loading...
A A A
Selain itu, mantan kiper Nigeria, Joseph Dosu mengatakan, pesepakbola meludah karena mereka membutuhkan sesuatu untuk melegakan tenggorokan mereka.



"Mereka berlari mungkin sejauh 10-15 yard, dan mereka membutuhkan udara untuk bernapas," ungkapnya.

Di samping penjelasan ilmiah tersebut, terdapat studi lain yang menyebut bahwa aksi meludah yang kerap dilakukan para pesepakbola merupakan sebuah taktik untuk mengintimidasi pemain lawan. Dalam hal ini, mereka disebut-sebut mencuci mulut atau dikenal dengan istilah "pembilasan karbohidrat".

Pembilasan karbohidrat adalah saat pesepakbola mencuci mulut mereka dengan larutan karbohidrat dan kemudian meludahkannya.

Menurut penelitian, hal tersebut bisa mengelabui tubuh, terutama bagian otak untuk berpikir bahwa seseorang sebenarnya mengonsumsi karbohidrat, merangsang tubuh untuk bertindak seolah-olah memiliki karbohidrat tersebut di dalam sistem.

Seorang ahli fisiologi dan gizi olahraga, Asker Jeukendrup mengatakan kepada The New York Times, bahwa membilas karbohidrat sebenarnya dapat dikaitkan dengan kinerja yang lebih baik.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan bersama Universitas Birmingham pada 2004, dia menemukan bahwa pembilasan karbohidrat membuat pengendara sepeda sekitar satu menit lebih cepat dalam uji waktu bersepeda 40 kilometer.

Baca juga: Diklaim Beberapa Negara ASEAN, Benarkah Kebaya Pakaian Asli Indonesia?

Studi lain yang diterbitkan dalam European Journal of Sport Science pada 2017 menemukan bahwa pembilasan karbohidrat meningkatkan kinerja. Ini melibatkan 12 pria sehat berusia 20-an, yang ditemukan mampu melompat lebih tinggi, melakukan lebih banyak bench press dan squat, berlari lebih cepat, dan lebih waspada setelah membilas karbohidrat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)