7 Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat, Terbukti Ampuh

Sabtu, 03 Desember 2022 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Beberapa orang mengalami gejala asam lambung pada malam hari, yang dapat memengaruhi kualitas tidur dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur. Mengubah posisi tidur dengan meninggikan kepala tempat tidur dapat membantu mengurangi gejala refluks asam dan meningkatkan kualitas tidur.



4. Makan Malam Lebih Awal

Hindari makan dalam waktu 3 jam sebelum mereka tidur. Itu karena berbaring setelah makan membuat pencernaan lebih sulit, berpotensi memperburuk gejala asam lambung naik. Menurut sebuah ulasan, makan larut malam meningkatkan paparan asam saat berbaring sebesar 5 persen, dibandingkan dengan makan lebih awal di malam hari.

5. Hindari Minum Kopi Terlalu Banyak

Studi telah menemukan bahwa kopi untuk sementara melemaskan sfingter esofagus bagian bawah, meningkatkan risiko asam lambung naik. Beberapa bukti juga menunjukkan kafein sebagai penyebab yang mungkin. Mirip dengan kopi, kafein melemaskan sfingter esofagus bagian bawah, yang dapat menyebabkan asam lambung naik.

6. Makan Sedikit dan Lebih Sering

Asam lambung yang naik sebagian besar gejalanya terjadi setelah makan. Selain itu, makan satu atau dua kali makan besar per hari dapat memperburuk gejala. Oleh karena itu, makan lebih sedikit dan lebih sering makan sepanjang hari dapat membantu mengurangi gejala kondisi ini.



7. Pertahan Berat Badan Sedang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3644 seconds (0.1#10.140)