6 Makanan Meningkatkan Daya Ingat dan Kinerja Otak, Nomor Terakhir Paling Mudah Didapat

Minggu, 04 Desember 2022 - 12:05 WIB
loading...
A A A
Brokoli juga sangat tinggi vitamin K, memberikan lebih dari 100% Asupan Harian yang Direkomendasikan dalam 160 gram brokoli matang. Vitamin yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk membentuk sphingolipid, sejenis lemak yang dikemas dengan padat ke dalam sel-sel otak.

Beberapa penelitian pada orang dewasa mengaitkan asupan vitamin K yang lebih tinggi dengan memori dan status kognitif yang lebih baik.

Di luar vitamin K, brokoli mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek antiinflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam dan bubuk kakao dikemas dengan beberapa senyawa penambah otak, termasuk flavonoid, kafein, dan antioksidan. Cokelat hitam memiliki kandungan kakao 70% atau lebih. Manfaat ini tidak terlihat pada cokelat susu biasa, yang mengandung antara 10–50% kakao.

Flavonoid adalah kelompok senyawa tanaman antioksidan. Flavonoid dalam cokelat berkumpul di area otak yang berhubungan dengan pembelajaran dan memori.

Para peneliti percaya bahwa senyawa ini dapat meningkatkan daya ingat dan juga membantu memperlambat penurunan mental yang berkaitan dengan usia. Faktanya, sejumlah penelitian mendukung hal ini.

Menurut sebuah penelitian pada lebih dari 900 orang, mereka yang makan cokelat lebih sering tampil lebih baik dalam serangkaian tugas mental, termasuk beberapa yang melibatkan ingatan, dibandingkan dengan mereka yang jarang memakannya.

4. Kacang

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang dapat meningkatkan penanda kesehatan jantung, dan memiliki jantung yang sehat terkait dengan memiliki otak yang sehat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)