SOG Kenalkan Pariwisata Lewat Jelajah Nusantara, Menparekraf Sandiaga Uno: Ini Kita Apresiasi

Selasa, 06 Desember 2022 - 13:33 WIB
loading...
SOG Kenalkan Pariwisata Lewat Jelajah Nusantara, Menparekraf Sandiaga Uno: Ini Kita Apresiasi
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi komunitas Scooter Owners Group (SOG) yang turut mendorong promosi pariwisata Indonesia secara lebih luas melalui rangkaian event Jelajah Nusantara III. Foto/Dok.Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi komunitas Scooter Owners Group (SOG) yang turut mendorong promosi pariwisata Indonesia secara lebih luas melalui rangkaian event "Jelajah Nusantara III".

Kegiatan ini juga turut mendorong perkembangan sport tourism Indonesia sekaligus berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Jelajah Nusantara merupakan kegiatan inter-island ride. Pada pelaksanaannya yang ketiga di tahun ini, Jelajah Nusantara mengusung tema “Ride for Nation” melalui 3 etape touring, yaitu dengan rute Jakarta – Sabang; Jakarta – Manado; dan rute IKN – Sarawak Malaysia – Brunei Darussalam.

Flag off Jelajah Nusantara III telah dilaksanakan pada 4 Desember 2022 dan rangkaian kegiatannya akan berakhir pada 18 Maret 2023 di Brunei Darussalam.



“Ini kita apresiasi, dan ini bagian dari sport tourism rangkaian event. Jelajah Nusantara III ini selain kegiatan inter-island ride juga mengenalkan destinasi wisata,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Senin 5 Desember 2022.

Sandiaga Unomenjelaskan "Jelajah Nusantara III" juga mengadakan sejumlah rangkaian aktivitas. Yakni Pesona Indonesia dengan live talkshow di tempat-tempat wisata potensial.

Ada juga Gemilang Nusantara yakni pesta rakyat yang berkolaborasi dengan UMKM dan melibatkan talenta lokal sebagai bentuk stimulus pemulihan ekonomi nasional melalui penyelenggaraan event yang digelar di Padang, Manado, dan Pontianak.

Selain itu juga Ekspedisi Kebangsaan yang merupakan acara social investment dalam bentuk kolaborasi bersama pemuka agama setempat dengan mengadakan dialog kebangsaan dan bersih-bersih rumah ibadah. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Bengkulu, Palu, dan Kotawaringin Raya.



“Dan ini bagian program 100 paket wisata nusantara atau '100 PAK WISNU', jadi harus bisa kita tingkatkan karena ini targetnya 1,4 miliar pergerakan (Wisnus di 2023). Jika SOG ini seliweran terus antara satu destinasi ke destinasi lain, bisa membantu pemulihan pariwisata kita, membangkitkan ekonomi, dan membuka peluang kerja,” kata Menparekraf Sandiaga.

Sementara itu, Ketua Umum SOG, Venito Bastian, berharap melalui event ini SOG bisa berperan aktif dalam menjaga dan memperkenalkan wisata alam, kuliner dan budaya Indonesia. Baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Seperti yang bapak ketahui kita ada beberapa event, dan event itu kita kolaborasikan dengan (SOG) cabang-cabang setempat. Memang bisa membuat destinasi yang belum tereksplor, akan tereksplor,” kata Venito.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Founder SOG, Abah Iman; Ketua Pelaksana JN3, Rizaldy Budiman; serta Wakil Ketua Pelaksana, Tondi Saad.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)