Selain Jauhi Merokok, Ini Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Kamis, 08 Desember 2022 - 14:01 WIB
loading...
A A A
2. Jangan Merokok

Siapapun tentu tahu, bahwa merokok akan meningkatkan risiko tubuh terserang penyakit kanker paru-paru. Namun, itu bukanlah satu-satunya penyakit yang bisa terjadi karena rokok.

Ternyata, selain itu, merokok dikaitkan dengan sebagian besar penyakit paru, termasuk fibrosis paru idiopatik dan asma, bahkan bisa membuat penyakit paru yang sudah dialami menjadi semakin buruk.

3. Hindari Paparan Polutan

Selain menghindari rokok, juga disarankan untuk menghindari paparan polutan di udara yang dapat merusak paru-paru dan mempercepat penuaan, serta membuat paru-paru rentan terserang infeksi dan penyakit.

Istirahatkan paru-paru dengan menghindari paparan asap rokok dari orang lain, tidak berolahraga di tengah lalu lintas yang padat, menghindari beraktivitas di luar ruangan ketika paparan polusi sedang tinggi, dan menggunakan masker jika rentan mengalami paparan polutan di tempat kerja.

4. Bernapas Lebih Dalam

Tahukah Anda, ketika bernapas pendek-pendek, Anda hanya menggunakan sebagian kecil paru-paru. Padahal, pernapasan dalam membantu membersihkan paru-paru dan melancarkan pertukaran oksigen di dalamnya.

Dalam studi berjudul Acute Effects of Deep Breathing for A Short Duration (2-10 Minutes) on Pulmonary Functions in Healthy Young Volunteers yang diterbitkan oleh Indian Journal of Physiology and Pharmacology, menyebutkan bahwa bernapas dalam-dalam meski hanya beberapa menit sangat bermanfaat untuk fungsi paru-paru.

5. Mencegah dari Infeksi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)