Masak Nasi di Rice Cooker Bisa Sepulen Nasi Jepang? Ini Rahasianya Mom!

Senin, 19 Desember 2022 - 16:25 WIB
loading...
Masak Nasi di Rice Cooker Bisa Sepulen Nasi Jepang? Ini Rahasianya Mom!
Foto: Dok Freepik
A A A
JAKARTA - Nasi jadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Bahkan banyak yang beranggapan kalau perut belum tersentuh nasi seperti belum makan apapun. Ya, sebab nasi adalah karbohidrat yang menjadi sumber penambah energi saat beraktivitas.

Nasi yang disajikan selagi hangat dan pulen tentu menggugah selera. Apalagi ditambah dengan lauk pauk dan sayuran sebagai pelengkapnya, pasti semakin menambah nafsu makan. Mengulas nasi pulen, Mom tentu akan teringat nasi di restoran Jepang yang gurih dan lembut.

Sekarang, Mom juga bisa memasak nasi pulen khas Jepang hanya dengan rice cooker lho. Mom juga bisa memasak menu-menu Jepang dengan bahan nasi, seperti onigiri, nasi kare, atau nasi ayam dan telur untuk keluarga dan bekal untuk si buah hati.

Apa ya rahasia memasak nasi sepulen nasi Jepang? Yuk simak.

Pastikan Cuci Beras dengan Benar
Hal pertama saat ingin memasak nasi pulen adalah mencucinya dengan benar. Pastikan Mom memilih beras yang kualitasnya bagus ya. Kemudian cuci beras dengan air mengalir dan bilas maksimal 3 kali.

Perbandingan Takaran Air dan Beras Harus Pas
Langkah berikutnya, Mom harus rendam beras dalam takaran yang pas. Perbandingan 1:2 untuk beras dan air menjadi formula yang tepat untuk membuat nasi pulen. Di mana, satu gelas beras membutuhkan dua gelas air. Dijamin, trik ini akan menghasilkan nasi pulen khas Jepang dengan maksimal.

Diamkan Sejenak
Selanjutnya, beras yang sudah sesuai takarannya didiamkan selama 30 menit di dalam rice cooker. Trik ini akan menghasilkan nasi ala Jepang yang lembut.

Bumbu Tambahan untuk Rasa dan Aroma yang Istimewa
Nasi Jepang tentu makin menggugah selera jika diberi sentuhan bumbu-bumbu agar terasa semakin gurih dan tentu beraroma sedap. Mom bisa tambahkan sejumput garam dan sedikit minyak untuk mendapatkan nasi pulen yang gurih.

Masak di dalam Rice Cooker dan Aduk Merata
Setelah semuanya siap, tekan tombol ‘cook’ untuk memasak nasi. Diamkan hingga matang selama 20-30 menit. Setelah matang, pastikan Mom aduk secara merata ya, sehingga uapnya keluar dan nasi tak cepat basi.

Nah, untuk para Mom hebat, tak sampai di situ saja rahasia masak nasi sepulen nasi Jepang. Rice cooker yang handal juga berpengaruh untuk masak nasi ala Jepang ini, seperti rice cooker Donabe dari Polytron.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)